Oleh : Asyharun Nawa al_Hafidz Kroya Gebang Arum Bonang Demak
Menjawab orang tua diharomkan dalam sholat fardlu karena memutuskanya adalah harom, namun
diperbolehkan dalam sholat sunnah. Kemudian jika merasa berat apabila tidak
menjawabnya maka yang lebih utama adalah menjawabnya dan batal sholatnya
.menurut imam Muhsyi yang ittiba' kepada imam Qulyubi adalah
diperbolehkan, jika merasa berat apabila tidak menjawabnya, tapi jika tidak
merasa berat untuk tidak menajawbnya maka tidak boleh menjawabnya. berbeda
dalam hal sholat sunnah, dalam sholat sunnah boleh memutuskan sholat sunnah walau tanpa sebab sekalipun.
Jadi menurut qoul yang dibenarkan (ash-showab), lebih utama menjawab orang tua jika merasa berat,
jika tidak menjawab seperti apa yang diibarotkan imam ar-Romli dan selainya. [Hasyah el bajuri1/176]
ASLI COPAS KITAB BAJUURI
واجابة الوالدين حرام في الفرض لان قطعه حرام جائزة في النفل ثم ان
شق عليهما عدمها فالاولي الاجابة وتبطل بها الصلاة وتقييد المحشي تبعا للقليوبي
الجواز بقوله ان شق عليهما عدمها يقتضي انه لم يشق عليهما عدمها لا تجوز الاجابة
وليس كذلك لان قطع النفل جائز ولو بلا سبب فكان الصواب ان يقول والاولي الاجابة ان
شق عليهما عدمها كما في عبارة الرملي
Hasyiyah al-Bajuuri I/183 (Daar el-Fikr)
1 komentar:
Write komentarkalo karena anak menangis gmana?
ReplyEmoticonEmoticon