PERHITUNGAN HARI ADAT KEJAWEN



Assalamu 'alaikum warohmatullohi wabarokatuh..

mohon penjelasaannya. .
dalm kultur budaya jawa banyak kita temui kebiasaan-kebiasaan :umpamanya mau bangun rumah atau pindah harus mencari pasaran atau hari yang baik..nahhh..yang saya tanyakan apakah ada Dasar dalam pemahaman Islam/keterangan yang mengaanjurkan hal itu..
terima kasih..

wassalamu 'alaikum



JAWABAN

Adat kejawen yang mengunakan. perhitungan hari.untuk bangun rumah atau bepergian itu tdk di benarkan, sebab itu tradisi orang Yahudi.dan bila di minta tuk menjelaskan hari apa tanggal apa yang baik. maka tidak kita tidak perlu menjawabnya. === dan sebagian orang memakai adat ini dengan alasan maqolah sahabat Ali. maka itu dusta yang tidak ada sumber asalnya, maha berhati hatilah tradisi ini.

Al fatawi al hadisiah -( Ibnu Hajar al haitamii ) halmmn 20.
وسئل نفع الله بعلومه: السؤال عن النحس والسعد وعن الأيام والليالي التي تصلح لنحو السفر والانتقال ما يكون جوابه؟ فأجاب رضي الله عنه: من يسأل عن النحس وما بعده لا يجاب إلا بالإعراض عنه وتسفيه ما فعله ويبين له قبحه، وأن ذلك من سنة اليهود لا من هدي المسلمين المتوكلين على خالقهم وبارئهم الذين لا يحسبون وعلى ربهم يتوكلون، وما ينقل من الأيام المنقوطة ونحوها عن علي كرم الله وجهه باطل كذب لا أصل له فليحذر من ذلك والله أعلم

>>
 غاية التلخيص المراد
hal 206

(مسألة) إذا سأل رجل اخر هل ليلة كذا او يوم كذا يصلح للعقد او النقلة فلا يحتاج إلي جواب لان الشارع نهي عن اعتقاد ذلك وزجر عنه زجرا بليغا فلا عبرة بمن يفعله. وذكر ابن الفركاح عن الشافعي انه ان كان المنجم يقول ويعتقد انه لايؤثر الا الله ولكن أجري الله العادة بأنه يقع كذا عند كذا . والمؤثر هو الله عز وجل. فهذه عندي لابأس فيه وحيث جاء الذم يحمل علي من يعتقد تأثير النجوم وغيرها من المخلوقات . وافتي الزملكاني بالتحريم مطلقا

poin

وذكر ابن الفركاح عن الشافعي انه ان كان المنجم يقول ويعتقد انه لايؤثر الا الله ولكن أجري الله العادة بأنه يقع كذا عند كذا . والمؤثر هو الله عز وجل. فهذه عندي لابأس فيه وحيث جاء الذم يحمل علي من يعتقد تأثير النجوم وغيرها من المخلوقات

ibnu farkah dari kalangan syafii menyebutkan bahwa jika si peramal/ahli nujum itu berucap dan yakin bahwa sesuatu tersebut tidak bisa menentukan atas apapun kecuali hanya Alloh tapi Alloh menerapkan suatu kebiasaan bahwa jika seperti ini akan jadi gini sedangkan yg menentukan segalanya adalah Alloh maka hal ini menurutku tidaklah jadi masalah
dan apabila datang suatu celaan itu dilarikan pada orang yg berkeyakinan bahwa pengaruh ramalan dan sejenisnya itu yg menentukan adalah para mahluk

>>
Pendapatq, adat istiada tsb merupakan praktek ibadah yg memiliki motif tawasul atau tafa'ul, yg melibatkan
faktor keyakinan dan
tasaruf.

Jadi, antara tawasul (wasilah/ ikhtiar) dan tafa'ul (keyakinan) dalam mencari hari baik / petung dino tsb tdk menyelisihi hukum fiqih/ syar'i maka SAH dan HALAL.

menaruh harapan baik pada sesuatu (tafa'ul) itu baik, namun jangan ghuluw, tetep ingat lahaulawalaquwata illabillah..

Yg kliru adalah adanya pemahanan, kalo tdk hari ini, pasaran ini maka akan kena bala'.. Nah, ini yg sesat/ syirik..

Wallahua'lam..
Previous
Next Post »