POHON MENANGIS



Kisah Ustuwanah mukhallak,Ini juga dikenal sebagai Ustuwanah Hannanah (tiang yang menangis)

Ini juga dikenal sebagai Ustuwanah Hannanah (tiang yang menangis). ini adalah tiang yang paling diberkahi karena inilah tempat shalat Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam.

Di tempat ini dulu pernah tumbuh sebatang pohon kurma, sebelum dibuatkan mimbar, Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam pernah bersand
ar di pohon ini ketika memberikan khutbahnya, setelah mimbar selesai dibuat, Rasulullah Sallallahu alaihi wasallam hendak menggunakannya utuk berkhutbah,terjadilah suatu peristiwa ketika akan dilakukan pertukaran, suara tangis yg menyayat hati dan bergema keseluruh masjid, dan orang2 yang berada di dalam masjid itu juga turut menangis. Rasulullah sallallahu alaihi wasallam kemudian menghampiri pohon itu, lalu beliau meletakkan tangan ke atasnya dan tangisan itu berhenti, kemudian Rasul bersabda “Pohon itu menangis karena dahulu dzikrullah telah terdengar berdekatan dengannya, tetapi sekarang setelah mimbar dibuat ia telah kehilangan dzikir yg berdekatan dengannya, karena itulah dia menangis, seandainya aku tidak meletakkan tanganku ke atasnya ,ia akan menangis terus hingga kiamat.”

Kemudian pohon itupun kering, ini adalah peristiwa yang sangat terkenal yang diriwayatkan oleh sepuluh sahabat. ketika Hasan Al Bashri rah.a,meriwayatkan cerita ini Beliau menangis begitu kuat dan berkata ” WAHAI MANUSIA, POHON INI BEGITU RINDU SEKALI KEPADA RASULULLAH SALLALLAHU ALAIHI WASALLAM,,TIDAKKAH KAMU LEBIH BERHAK UNTUK RINDU DAN MENCINTAI BELIAU?” ( Syifaul Asqam)

Previous
Next Post »