Assalaamu 'alaikum wr wb! Mohon pencerahan nya.
1-Bagaiman a hukumnya membaca do'a2 dalam wudhu' di baca dalam kamar mandi yang di situ juga terdapat (WC) ?
2-bagaiman a hukumnya membaca do'a setelah BAB di baca dalam keadaan telanjang karna hendak mandi?
3-kapan waktunya membaca do'a "ALLAHUMMA THAHHIR QOLBII MINAN-NIFA AQ WAHAS-SHIN FARJII MINAL FAWAAHISY" apakah langsung setelah BAB (masih setengah telanjang) atau setelah istinja'?
Mohon bimbingann ya.
Syukron katsiir... !
JAWABAN :
Ini yang Pas untuk pertanyaan No 3 " Wa an-yaqula Ba'da firoghihi wa ba'da khurujihi min mahalli Qodho,il hajati ( Allohumma Thohhir Qolbi minannifaq i wa hassyin farji minal fawahishi "
Nihayatuzz ain Hal 16.
Jadi kesimpulan nya untuk No 3 dibaca setelah selesai/ keluar dari tempat Qodhil hajah/WC.
>> Abdurrahma n As-syafi'i
dikamar kecil/wc/ kakus atau yg dalam bhs arab الخلاء Kita dimakruhka n untuk berdzikir dan berkata-ka ta terlebih lagi ketika sedang buang hajat.
يكره الذكر و الكلام حال قضاء الحاجة، سواء كان فى الصحراء او فى البنيان، سواء فى ذلك جميع الاذ
كار و الكلام ، الا كلام الضرورة حتى قال بعض اصحابنا اذا عطس لا يحمد الله تعالى، ولا يشمت عاطسا ولا يرد السلام ولا يجيب المؤذن و ويكون المسلم مقصورا لا يستحق جوابا و الكلام بهذا كله مكروه كراهة تنزيه ولا يحرم فان عطس فحمد الله تعالى بقلبه و لم يحرك لسانه فلا باس، و كشلك يفعل حال الجماع
الاذكار ٢٨
"dimakruhk an membaca dzikir dan bercakap-c akap ketika buang hajat, baik ditanah lapang atau bangunan.
Kemakruhan ini berlaku untuk semua jenis dzikir dan ucapan. Kecuali ucapan karena keterpaksa an.
Bahkan sebagian ulama berpendapa t ketika bersin,mak a dilarang membaca Alhamdulil lah, tidak boleh mendoakan orang yg bersin, tidak boleh menjawab salam, menjwab adzan.
Apabila ini dilakukan maka hukumnya makruh tanzih tdk haram.
Adapun misal dia bersin kemudian mengucapka n Alhamdulil lah tetapi sebatas hati saja, tanpa diucapkan maka tidak jadi mengapa.
Hukum makruh ini juga berlaku ketika sedang berhubunga n badan.
Memasuki kamar kecil ada tatacarany a, diantarany a adalah
1. Ketika hendak masuk ucapkanlah do'a
اللهم انى اعوذبك من الخبث و الخبائث
2.tidak boleh membawa sesuatu yg bertuliska n asma Allah dan Rosulnya
3. Tidak boleh masuk dgn tanpa penutup kepala
4.tidak boleh bertelanja ng kaki
5.ketika keluar hendaknya membaca
الحمد لله الذي اذهب عنى الاذى و عافانى
6. Ketika selesai cebok setelah keluar dari tempatnya berdoalah
اللهم طهر قلبى من النفاق و حصن فرجى من الفواحش
Do"a ini dibaca hanya bg org yg habis buang hajat, kalau sekedar mandi maka tdk dibaca
فاذا قصدت بيت الماء لقضاء الحاجة .......... ......و عند الخروج اى الانصراف من بيت الماء بان يكون خارجاعنه غفرانك الله...... ........و قال عند الفراغ من الاستنجاء و بعد الخروج من محله اللهم طهر قلبى من النفاق.... ....
مراقي العبودية ١١_١٤
1-Bagaiman a hukumnya membaca do'a2 dalam wudhu' di baca dalam kamar mandi yang di situ juga terdapat (WC) ?
>> Wudhu berikut bacaan sunnahnya BOLEH sekalipun berwudhu' didalam WC, dengan bacaan di dalam hati untuk menghormat i bacaan2 tsb
sebab kita dalam situasi dan kondisi tempat yg kotor (wc).
ibarot :
(وَلَا يَتَكَلَّم ُ) أَيْ يُكْرَهُ لَهُ إلَّا لِمَصْلَحَ ةٍ تَكَلَّمَ حَالَ خُرُوجِ بَوْلٍ أَوْ غَائِطٍ وَلَوْ بِغَيْرِ ذِكْرٍ أَوْ رَدِّ سَلَامٍ لِلنَّهْيِ عَنْ التَّحَدُّ ثِ عَلَى الْغَائِطِ وَلَوْ عَطَسَ حَمِدَ بِقَلْبِهِ فَقَطْ كَمُجَامَع ٍ، فَإِنْ تَكَلَّمَ وَلَمْ يُسْمِعْ نَفْسَهُ فَلَا كَرَاهَةَ أَوْ خَشِيَ وُقُوعَ مَحْذُورٍ بِغَيْرِهِ لَوْلَا الْكَلَامُ وَجَبَ
(tuhfatul muhtaj)
(قَوْلُهُ: أَيْ يُكْرَهُ) إلَى قَوْلِهِ كَمُجَامَع ٍ فِي النِّهَايَ ةِ وَالْمُغْن ِي (قَوْلُهُ: إلَّا لِمَصْلَحَ ةٍ) عِبَارَةُ الْمُغْنِي وَالنِّهَا يَةِ وَشَرْحِ بَافَضْلَ إلَّا لِضَرُورَة ٍ كَإِنْذَار ِ أَعْمَى فَلَا يُكْرَهُ بَلْ قَدْ يَجِبُ اهـ.
(قَوْلُهُ أَوْ رَدِّ سَلَامٍ) مِنْ عَطْفِ الْخَاصِّ (قَوْلُهُ: حَمِدَ بِقَلْبِهِ ) وَهَلْ يُثَابُ عَلَى ذَلِكَ أَمْ لَا فِيهِ نَظَرٌ وَالْأَقْر َبُ الْأَوَّلُ وَلَا يُنَافِيهِ مَا فِي الْأَذْكَا رِ لِلنَّوَوِ يِّ مِنْ أَنَّ الذِّكْرَ الْقَلْبِي َّ بِمُجَرَّد ِهِ لَا يُثَابُ عَلَيْهِ لِأَنَّ مَحَلَّهُ فِيمَا لَمْ يُطْلَبْ وَهَذَا مَطْلُوبٌ فِيهِ بِخُصُوصِه ِ ع ش (قَوْلُهُ فَلَا كَرَاهَةَ) إذْ لَا يُكْرَهُ الْهَمْسُ وَلَا التَّنَحْن ُحُ مُغْنِي عِبَارَةُ ع ش.
(Hasyiyah As-Syarwan i)
(وَلَا يتَكَلَّم على الْبَوْل وَالْغَائِ ط) أَي يسكت حَال قَضَاء الْحَاجة فَلَا يتَكَلَّم بِذكر وَلَا غَيره أَي يكره لَهُ ذَلِك إِلَّا لضَرُورَة كإنذار أعمى فَلَا يكره بل قد يجب لخَبر لَا يخرج الرّجلَانِ يضربان الْغَائِط كاشفين عَن عورتهما يتحدثان فَإِن الله يمقت على ذَلِك رَوَاهُ الْحَاكِم وَصَححهُ وَمعنى يضربان يأتيان والمقت البغض وَهُوَ إِن كَانَ على الْمَجْمُو ع فبعض موجباته مَكْرُوه فَلَو عطس حمد الله تَعَالَى بِقَلْبِه وَلَا يُحَرك لِسَانه أَي بِكَلَام يسمع بِهِ نَفسه إِذْ لَا يكره الهمس وَلَا التنحنح وَظَاهر كَلَامهم أَن الْقِرَاءَ ة لَا تحرم حِينَئِذٍ
(AL-Iqna')
Afwan para asatidz kalau saya ngeyel, karna saya memang sangat awam ilmu agama.
Sedangkan saya ingin ibadah yang saya lakukan sesuai dgn tuntunan syari'at, untuk itu, sudilah kiranya para asatidz membimbing saya dalam hal ini.
Kronologis Pribadi.
-Saya tinggal di sebuah kontrakan sederhana, di mana kamar mandinya menyatu dgn tempat (BAB) juga, dan mau tidak mau saya melakukan wudlu' di sana(kamar mandi). Dan ketika wudlu' saya membaca do'a-do'a trmasuk juga membaca lafadz niat >>nawaitu dst...!
Dan saat membasuh muka saya membaca
أللهم بيض وجهي يوم تبض وجود وتسودوجوه
ALLAHUMMA BAYYIDH WAJHII YAWMA TABYADDHU WUJUUH WATASWADDU WUJUUH.
Saat saya membasuh tangan kanan saya membaca
أللهم أعطني كتابي بيميني وحسبني حسابا يسيرا
ALLAHUMMA A'THINII KITAABII BIYAMIINII WAHASIBNII HISAABAN YASIIRAN.
Saat saya membasuh tangan kiri saya membaca
أللهم لاتعطني كتابي بشمالي ولامن وراء ظهري
ALLAHUMMA LAA TA'THINII KITAABII BISYIMAALI I WALAA MIN WARO.A ZHOHRII.
Saat saya megusap kepala, saya membaca
أللهم حرم شعري وبشري على النار
ALLAHUMMA HARRIM SYA'RII WABASYARII 'ALAN-NAR.
Saat saya membasuh kedua kaki, saya membaca
للهم ثبت قدمي على الصراط يوم تنزل من الاقدام
ALLAHUMMA TSABBIT QODAMII 'ALAS-SHIR AATI YAWMA TANZILU MINHUL AQDAAM.
Dan biasanya saya melakukan wudlu' setelah memakai handuk, karna saya tahu, wudlu dlm k'adaan tlanjang hukumnya makruh. Namun terkadang saya juga mlakukan wudlu telanjang, saat saya hendak mandi besar, karna ingin mendapat ksunnahan.
Pertanyaan nya:
1-makruhka h berwudlu' di kamar mandi seperti kasus saya di atas, sedangkan tidak ada tempat lain di situ?
2-apakah do'a2 yang saya baca di atas termasuk dho'if ? Kalau iya bolehkah saya tetap membacanya ?
Atau adakah bacaan lain yang lebih shohih?
3-bolehkah saya membaca do'a2 di atas ketika wudlu dalam kamar mandi? Ataukah harus di baca dalam hati?
4-bolehkah demi melakukan kesunnahan , seseorang terpaksa melakukan kemakruhan ? Seperti berwudlu' telanjang karna hendak mandi besar?
Karna setahu saya, 80% orang yang mandi itu telanjang.
Mohon dengan hormat dan sangat para asatidz membimbing saya.
Atas jawabannya saya ucapkan>> ZAKUMULLAH AHSANAL JAZA.
>>NB pertanyaan : bagaimana hukumnya berwudlu di sungai yang sekaligus biasanya orang kencing di situ?
Syukron.
Mengenai do'a do'a wudlu
Memang dalam tidak ada anjuran dari diri Nabi tetapi do'a do'a ini bersumber dari ulama-ulam a salaf (terdahulu ).
Dan untuk kesempurna an wudlu sangat dianjurkan .
و اما الدعاء على اعضاء الوصوء فلم يجئ فيه شئ عن النبي صلى الله عليه وسلم و قد قال الفقهاء يستحب فيه دعوات جاءت عن السلف ، وزادوا و نقصوا فيها...... ..........
الاذكار ٣٠
و لا باس بالدعاء عند الاعضاء اى انه وان ورد من طريق فهي شديدة الضعيف لا تثبت بها سنيته من حيث انه وارد و ان كان الدعاء فى نفسه وان لم يكن بالوارد سنة لكن رجح فى الاسنى و الشهاب الرملى انه يعمل به فى فضائل الاعمال فهو سنة
بشرى الكريم ١/٢٨
2-apakah do'a2 yang saya baca di atas termasuk dho'if ? Kalau iya bolehkah saya tetap membacanya ?
Atau adakah bacaan lain yang lebih shohih?
Do'a-doa seperti diatas banyak sekali kita jumpai di dalam kitab-kita b mu'tabarah . dan tentunya i
ni pengamalan oleh ulama2 salaf kita.
termasuk sunnahnya wudhu' :
contoh ibarot :
[مسألة: واجبات وسنن الطهارة]
ويدعو عند غسل الوجه، فيقول: اللهم بيض وجهي يوم تسود الوجوه.
وعند غسل اليد اليمنى: اللهم أعطني كتابي بيميني.
وعند غسل اليد اليسرى: اللهم لا تعطني كتابي بشمالي، ولا من وراء ظهري، ولا تغلل يدي إلى عنقي.
وعند مسح الرأس: اللهم حرم شعري وبشري على النار.
وعند مسح الأذنين: اللهم اجعلني من الذين يستمعون القول فيتبعون أحسنه.
وعند غسل الرجلين: اللهم ثبت قدمي على الصراط المستقيم.
(AL-BAYAN )
أن يدعو على وضوئه فيقول عند غسل الوجه: اللهم بيض وجهي يوم تسود الوجوه وعلى غسل اليد اللهم أعطني كتابي بيميني ولا تعطني بشمالي وعلى مسح الرأس اللهم حرم شعري وبشري على النار وعلى مسح الأذنين اللهم اجعلني من الذين يستمعون القول فيتبعون أحسنه وعلى غسل الرجلين اللهم ثبت قدمي على الصراط المستقيم فجعلها أربعة عشر وبالله التوفيق.
(AL-MUHADZ DZAB)
DLL.
>>
Jadi kesimpulan nya boleh&sunn ah membaca do'a-do'a di atas asalkan di baca dalam hati, karna menghormat i bacaan yg tidak boleh di baca di tempat yg kotor(kama r mandi wc) begitu ya.. yai Ibnu?
2.berarti sekalipun tidak ada anjuran dari rasul
ulullah tentang bacaan do'a di atas, tetap sunnah di lakukan untuk keutamaan ibadah. Beigtu ya ustdz Abdurrahma n As-syafi'i ?
Syukran katsiir pencerahan nya.
Silahkan kalau ada yang mau nambahin atau menjawab pertanyaan mba Ni'mah Hasanah@
saya tetap nyimak.
>>
Bang Toyyib Aja Jadi kesimpulan nya boleh&sunn ah membaca do'a-do'a di atas asalkan di baca dalam hati, karna menghormat i bacaan yg tidak boleh di baca di tempat yg kotor(kama r mandi wc) begitu ya.. yai Ibnu?
>> Ya, tetap disunnahka n dan kalau ketapatan wudhu' dalam kamar WC dibacalah dalam hati.
===
2.berarti sekalipun tidak ada anjuran dari rasululull ah tentang bacaan do'a di atas, tetap sunnah di lakukan untuk keutamaan ibadah. Beigtu ya ustdz Abdurrahma n As-syafi'i ?
>> tidak semua bacaan do'a atau dzikir tsb tidak ada anjuran dari Rosulullah . semisal menyebut Asma Allah sebelum wudhu' (membaca basmalah) ini anjuran dari Rosulullah , bahkan dari Madzhab Hambali menghukumi WAJIB membaca Basmalah sebelum wudhu' dan batal wudhu'nya jika tdk menyebut Asma Allah dalam berwudhu'.
termasuk juga anjuran dari Rosulullah , contoh do'a wudhu' dalam Hadits Shahih disebutkan :
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُه ُ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّاب ِينَ، وَاجْعَلْن ِي مِنَ المُتَطَهّ ِرِينَ، فُتِحَتْ لَهُ ثَمَانِيَة ُ أَبْوَابِ الجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ "،
(HR. Sunan Tirmidzi, Shahih Ibnu Hibban, Sunan Baihaqi dll)
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ: " مَنْ تَوَضَّأَ فَفَرَغَ مِنْ وَضُوئِهِ ثُمَّ قَالَ: سُبْحَانَك َ اللهُمَّ وَبِحَمْدِ كَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِ رُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ، طَبَعَ اللهُ عَلَيْهَا بِطَابَعٍ، ثُمَّ رُفِعَتْ تَحْتَ الْعَرْشِ فَلَمْ تُكْسَرْ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَ ةِ "
(HR. Sunan Nasa'i, dll)
===
2-bagaiman
3-kapan waktunya membaca do'a "ALLAHUMMA
Mohon bimbingann
Syukron katsiir...
JAWABAN :
Ini yang Pas untuk pertanyaan
Nihayatuzz
Jadi kesimpulan
>> Abdurrahma
dikamar kecil/wc/
يكره الذكر و الكلام حال قضاء الحاجة، سواء كان فى الصحراء او فى البنيان، سواء فى ذلك جميع الاذ
كار و الكلام ، الا كلام الضرورة حتى قال بعض اصحابنا اذا عطس لا يحمد الله تعالى، ولا يشمت عاطسا ولا يرد السلام ولا يجيب المؤذن و ويكون المسلم مقصورا لا يستحق جوابا و الكلام بهذا كله مكروه كراهة تنزيه ولا يحرم فان عطس فحمد الله تعالى بقلبه و لم يحرك لسانه فلا باس، و كشلك يفعل حال الجماع
الاذكار ٢٨
"dimakruhk
Kemakruhan
Bahkan sebagian ulama berpendapa
Apabila ini dilakukan maka hukumnya makruh tanzih tdk haram.
Adapun misal dia bersin kemudian mengucapka
Hukum makruh ini juga berlaku ketika sedang berhubunga
Memasuki kamar kecil ada tatacarany
1. Ketika hendak masuk ucapkanlah
اللهم انى اعوذبك من الخبث و الخبائث
2.tidak boleh membawa sesuatu yg bertuliska
3. Tidak boleh masuk dgn tanpa penutup kepala
4.tidak boleh bertelanja
5.ketika keluar hendaknya membaca
الحمد لله الذي اذهب عنى الاذى و عافانى
6. Ketika selesai cebok setelah keluar dari tempatnya berdoalah
اللهم طهر قلبى من النفاق و حصن فرجى من الفواحش
Do"a ini dibaca hanya bg org yg habis buang hajat, kalau sekedar mandi maka tdk dibaca
فاذا قصدت بيت الماء لقضاء الحاجة ..........
مراقي العبودية ١١_١٤
1-Bagaiman
>> Wudhu berikut bacaan sunnahnya BOLEH sekalipun berwudhu' didalam WC, dengan bacaan di dalam hati untuk menghormat
sebab kita dalam situasi dan kondisi tempat yg kotor (wc).
ibarot :
(وَلَا يَتَكَلَّم
(tuhfatul muhtaj)
(قَوْلُهُ:
(قَوْلُهُ أَوْ رَدِّ سَلَامٍ) مِنْ عَطْفِ الْخَاصِّ (قَوْلُهُ:
(Hasyiyah As-Syarwan
(وَلَا يتَكَلَّم على الْبَوْل وَالْغَائِ
(AL-Iqna')
Afwan para asatidz kalau saya ngeyel, karna saya memang sangat awam ilmu agama.
Sedangkan saya ingin ibadah yang saya lakukan sesuai dgn tuntunan syari'at, untuk itu, sudilah kiranya para asatidz membimbing
Kronologis
-Saya tinggal di sebuah kontrakan sederhana,
Dan saat membasuh muka saya membaca
أللهم بيض وجهي يوم تبض وجود وتسودوجوه
ALLAHUMMA BAYYIDH WAJHII YAWMA TABYADDHU WUJUUH WATASWADDU
Saat saya membasuh tangan kanan saya membaca
أللهم أعطني كتابي بيميني وحسبني حسابا يسيرا
ALLAHUMMA A'THINII KITAABII BIYAMIINII
Saat saya membasuh tangan kiri saya membaca
أللهم لاتعطني كتابي بشمالي ولامن وراء ظهري
ALLAHUMMA LAA TA'THINII KITAABII BISYIMAALI
Saat saya megusap kepala, saya membaca
أللهم حرم شعري وبشري على النار
ALLAHUMMA HARRIM SYA'RII WABASYARII
Saat saya membasuh kedua kaki, saya membaca
للهم ثبت قدمي على الصراط يوم تنزل من الاقدام
ALLAHUMMA TSABBIT QODAMII 'ALAS-SHIR
Dan biasanya saya melakukan wudlu' setelah memakai handuk, karna saya tahu, wudlu dlm k'adaan tlanjang hukumnya makruh. Namun terkadang saya juga mlakukan wudlu telanjang,
Pertanyaan
1-makruhka
2-apakah do'a2 yang saya baca di atas termasuk dho'if ? Kalau iya bolehkah saya tetap membacanya
Atau adakah bacaan lain yang lebih shohih?
3-bolehkah
4-bolehkah
Karna setahu saya, 80% orang yang mandi itu telanjang.
Mohon dengan hormat dan sangat para asatidz membimbing
Atas jawabannya
>>NB pertanyaan
Syukron.
Mengenai do'a do'a wudlu
Memang dalam tidak ada anjuran dari diri Nabi tetapi do'a do'a ini bersumber dari ulama-ulam
Dan untuk kesempurna
و اما الدعاء على اعضاء الوصوء فلم يجئ فيه شئ عن النبي صلى الله عليه وسلم و قد قال الفقهاء يستحب فيه دعوات جاءت عن السلف ، وزادوا و نقصوا فيها......
الاذكار ٣٠
و لا باس بالدعاء عند الاعضاء اى انه وان ورد من طريق فهي شديدة الضعيف لا تثبت بها سنيته من حيث انه وارد و ان كان الدعاء فى نفسه وان لم يكن بالوارد سنة لكن رجح فى الاسنى و الشهاب الرملى انه يعمل به فى فضائل الاعمال فهو سنة
بشرى الكريم ١/٢٨
2-apakah do'a2 yang saya baca di atas termasuk dho'if ? Kalau iya bolehkah saya tetap membacanya
Atau adakah bacaan lain yang lebih shohih?
Do'a-doa seperti diatas banyak sekali kita jumpai di dalam kitab-kita
ni pengamalan
termasuk sunnahnya wudhu' :
contoh ibarot :
[مسألة: واجبات وسنن الطهارة]
ويدعو عند غسل الوجه، فيقول: اللهم بيض وجهي يوم تسود الوجوه.
وعند غسل اليد اليمنى: اللهم أعطني كتابي بيميني.
وعند غسل اليد اليسرى: اللهم لا تعطني كتابي بشمالي، ولا من وراء ظهري، ولا تغلل يدي إلى عنقي.
وعند مسح الرأس: اللهم حرم شعري وبشري على النار.
وعند مسح الأذنين: اللهم اجعلني من الذين يستمعون القول فيتبعون أحسنه.
وعند غسل الرجلين: اللهم ثبت قدمي على الصراط المستقيم.
(AL-BAYAN )
أن يدعو على وضوئه فيقول عند غسل الوجه: اللهم بيض وجهي يوم تسود الوجوه وعلى غسل اليد اللهم أعطني كتابي بيميني ولا تعطني بشمالي وعلى مسح الرأس اللهم حرم شعري وبشري على النار وعلى مسح الأذنين اللهم اجعلني من الذين يستمعون القول فيتبعون أحسنه وعلى غسل الرجلين اللهم ثبت قدمي على الصراط المستقيم فجعلها أربعة عشر وبالله التوفيق.
(AL-MUHADZ
DLL.
>>
Jadi kesimpulan
2.berarti sekalipun tidak ada anjuran dari rasul
ulullah tentang bacaan do'a di atas, tetap sunnah di lakukan untuk keutamaan ibadah. Beigtu ya ustdz Abdurrahma
Syukran katsiir pencerahan
Silahkan kalau ada yang mau nambahin atau menjawab pertanyaan
saya tetap nyimak.
>>
Bang Toyyib Aja Jadi kesimpulan
>> Ya, tetap disunnahka
===
2.berarti sekalipun tidak ada anjuran dari rasululull
>> tidak semua bacaan do'a atau dzikir tsb tidak ada anjuran dari Rosulullah
termasuk juga anjuran dari Rosulullah
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:
(HR. Sunan Tirmidzi, Shahih Ibnu Hibban, Sunan Baihaqi dll)
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ قَالَ: " مَنْ تَوَضَّأَ فَفَرَغَ مِنْ وَضُوئِهِ ثُمَّ قَالَ: سُبْحَانَك
(HR. Sunan Nasa'i, dll)
===
EmoticonEmoticon