MALAIKAT MENYERTAI TIAP TETES AIR HUJAN YANG TURUN KE BUMI


Asalamu'alaikum wr wb.
"Apakah emang benar bahwa setiap tetes air hujan yg jatuh ke bumi itu di kawal MALAIKAT?"

JAWABAN :

Wa'alaikumussalam,

ﺍﻟﻜﺘﺐ - ﺗﻔﺴﻴﺮ ﺍﻟﻄﺒﺮﻱ - ﺗﻔﺴﻴﺮ ﺳﻮﺭﺓ ﺍﻟﺤﺠﺮ - ﺍﻟﻘﻮﻝ ﻓﻲ ﺗﺄﻭﻳﻞ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ "ﻭﺇﻥ ﻣﻦ ﺷﻲﺀ ﺇﻻ ﻋﻨﺪﻧﺎ ﺧﺰﺍﺋﻨﻪ "- ﺍﻟﺠﺰﺀ ﺭﻗﻢ17

ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺍﻟﻘﺎﺳﻢ ، ﻗﺎﻝ : ﺛﻨﺎ ﺍﻟﺤﺴﻴﻦ ، ﻗﺎﻝ : ﺛﻨﺎ ﻫﺸﻴﻢ ، ﻗﺎﻝ : ﺃﺧﺒﺮﻧﺎ ﺇﺳﻤﺎﻋﻴﻞ ﺑﻦ ﺳﺎﻟﻢ ﻋﻦ ﺍﻟﺤﻜﻢ ﺑﻦ ﻋﺘﻴﺒﺔ ، ﻓﻲ ﻗﻮﻟﻪ : ﻭﻣﺎ ﻧﻨﺰﻟﻪ ﺇﻻ ﺑﻘﺪﺭ ﻣﻌﻠﻮﻡ. ﻗﺎﻝ : ﻣﺎ ﻣﻦ ﻋﺎﻡ ﺑﺄﻛﺜﺮ ﻣﻄﺮﺍ ﻣﻦ ﻋﺎﻡ ﻭﻻ ﺃﻗﻞ ، ﻭﻟﻜﻨﻪ ﻳﻤﻄﺮ ﻗﻮﻡ ، ﻭﻳﺤﺮﻡ ﺁﺧﺮﻭﻥ ، ﻭﺭﺑﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺤﺮ ، ﻗﺎﻝ : ﻭﺑﻠﻐﻨﺎ ﺃﻧﻪ ﻳﻨﺰﻝ ﻣﻊ ﺍﻟﻤﻄﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﻋﺪﺩ ﻭﻟﺪ ﺇﺑﻠﻴﺲ ﻭﻭﻟﺪ ﺁﺩﻡ ﻳﺤﺼﻮﻥ ﻛﻞ ﻗﻄﺮﺓ ﺣﻴﺚ ﺗﻘﻊ ﻭﻣﺎ ﺗﻨﺒﺖ .

Telah menceritakan pada kami al-Qasim, Ia berkata:
Telah menceritakan pada kami al-Husain, Ia berkata: Telah menceritakan pada kami Hasyim, Ia berkata: Telah mengkhabarkan pada kami Isma'il bin Salim dari al-Hakam bin 'Utaibah dalam firman Allah: “Dan Kami tidak menurunkannya melainkan dg ukuran tertentu”. Dia berkata; “Tidaklah satu tahun lebih banyak hujannya dan tidak lebih sedikit, akan tetapi satu qaum diberi hujan, sedang yg lain tidak, dan terkadang hujan turun dilaut. Dia berkata: “Telah sampai pada kami bahwasanya turun bersama tetes hujan, Malaikat yg jumlahnya lebih banyak dari jumlah anak Iblis dan anak Adam. Mereka menjaga setiap tetes di tempat ia jatuh, dan apa yg ia tumbuhkan.
______________


ﺗﻔﺴﻴﺮ ﺍﻟﺒﻐﻮﻱ ﺍﻟﺠﺰﺀ ﺍﻟﺮﺍﺑﻊ :

ﻭﻣﺎ ﻧﻨﺰﻟﻪ ﺇﻻ ﺑﻘﺪﺭ ﻣﻌﻠﻮﻡ: ﻟﻜﻞ ﺃﺭﺽ ﺣﺪ ﻣﻘﺪﺭ ، ﻭﻳﻘﺎﻝ : ﻻ ﺗﻨﺰﻝ ﻣﻦ ﺍﻟﺴﻤﺎﺀ ﻗﻄﺮﺓ ﺇﻻ ﻭﻣﻌﻬﺎ ﻣﻠﻚ ﻳﺴﻮﻗﻬﺎ ﺣﻴﺚ ﻳﺮﻳﺪ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﺰ ﻭﺟﻞ ﻭﻳﺶﺍﺀ .

Dan tidaklah Kami menurunkannya kecuali dg ukuran yg ditentukan: Bagi setiap bumi itu mempunyai batasan atau bagian yg telah ditentukan. Dan dikatakan: Tidak akan turun dari langit setetes air hujan kecuali ada malaikat yg menyertainya yg menggiringnya pada tempat yg dikehendaki Allah 'azza wa jalla dan yg diinginkan-Nya.
______________
Previous
Next Post »