TANDA-TANDA ANAK2 BALIGH


assalamu'alaikum ust/ustzh,,
afwan,,ane mau nanya nih,,
apakah,,selain dgn haid,,wanita ita ada yg pernah merasakan mimpi basah seperti yg terjadi pada laki2 sbg pertanda akil baligh..
Mohon penjelasannya.;-)


JAWABAN
>> Mungkin hal di atas tidak cukup untuk dibuat dasar menetapkan bahwa wanita juga dihukumi baligh sebab keluar mani karena redaksi tersebut hanya membahas prihal sesuatu yg mewajibkan mandi besar. Dan untuk ngecheck kebenaran selidik pemahaman mari baca baik2 referensi berikut ini :

ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ - ﻣﺤﻴﻰ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ - ﺝ ١٣ - ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٣٦٣ :

ﻭﻫﻞ ﻳﻜﻮﻥ ﺍﻻﺣﺘﻼﻡ ﺑﻠﻮﻏﺎ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﺒﻴﺔ، ﻓﻴﻪ ﻭﺟﻬﺎﻥ: 

Apakah mimpi (keluar mani) itu menjadi pertanda baligh dari seorang gadis, dalam hal ini ada dua pandangan :

ﺃﺣﺪﻫﻤﺎ ﻻ ﻳﻜﻮﻥ ﺑﻠﻮﻏﺎ ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ " ﻭﻋﻦ ﺍﻟﺼﺒﻲ ﺣﺘﻰ ﻳﺤﺘﻠﻢ " ﻓﺨﺺ ﺍﻟﺼﺒﻲ ﺑﺎﻻﺣﺘﻼﻡ، 

Pertama, tidak menjadi baligh karena sabda Nabi saw. "dan dari seorang bocah pria hingga dia keluar mani". (Maka dapat dipahami) keluar mani teruntuk bocah pria,

ﻭﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻭﻫﻮ ﻃﺮﻳﻘﺔ ﺃﺻﺤﺎﺑﻨﺎ ﺍﻟﺒﻐﺪﺍﺩﻳﻴﻦ ﺃﻧﻪ ﺑﻠﻮﻍ، ﻛﻤﺎ ﺭﻭﺕ ﺃﻡ ﺳﻠﻤﺔ ﺃﻡ ﺍﻟﻤﺆﻣﻨﻴﻦ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ ﻗﺎﻟﺖ، ﺳﺄﻟﺖ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻋﻦ ﺍﻟﻤﺮﺃﺓ ﺗﺮﻯ ﻓﻲ ﻣﻨﺎﻣﻬﺎ ﻣﺎ ﻳﺮﻯ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﻓﻘﺎﻟﺖ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﺎ ﻓﻀﺤﺖ ﺍﻟﻨﺴﺎﺀ، ﺃﻭ ﻳﻜﻮﻥ ﺫﻟﻚ؟ ﻓﻘﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ. ﻓﺒﻢ ﻳﺸﺒﻬﻬﺎ ﻭﻟﺪﻫﺎ؟ ﻭﻓﻰ ﺭﻭﺍﻳﺔ " ﻓﺒﻢ ﺍﻟﺸﺒﻪ " ﺛﻢ ﻗﺎﻝ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻬﺎ ﻭﺳﻠﻢ " ﺇﺫﺍ ﺭﺃﺕ ﺫﻟﻚ ﻓﻠﺘﻐﺘﺴﻞ " ﺭﻭﺍﻩ ﺍﻟﺠﻤﺎﻋﺔ ﻓﺄﻣﺮﻫﺎ ﺑﺎﻻﻏﺘﺴﺎﻝ، ﻓﺜﺒﺖ ﺃﻧﻬﺎ ﻣﻜﻠﻔﺔ،

Kedua, ini adalah pendapat sahabat kami berbangsa Baghdad (Ashhab al-Syafi'iyyah), bahwa itu pertanda baligh. Sebagaimana riwayat Ummu Salamah Ummu al-Mu`minin rah. Berkata: Aku bertanya pada Nabi saw. tentang seorang wanita yg di dalam tidurnya bermimpi sebagaimana yg dialami laki-laki, lalu 'Aisyah rah. Berkata: Wanita mimpi basah, atau memang demikian?! Lantas Nabi saw. Bersabda: Dg sebab sesuatu yg menyerupai anaknya?! Dalam satu riwayat memakai redaksi: Dg sesuatu yg menyerupai (anak)?! Kemudian Nabi bersabda: Apabila seorang wanita melihat hal itu maka mandilah. HR. al-Jama'ah. Nabi menyuruhnya untuk mandi, maka hal ini dapat dipahami bahwa wanita itu dihukumi baligh.


 >>> Bngkus buntel rapet2 

Referensi
يقول ابن حجر فى " فتح البارى ج 5ص 327 " أجمع العلماء على أن الاحتلام فى الرجال والنساء يلزم به العبادات والحدود وسائر الأحكام ، وهو إنزال الماء الدافق سواء كان بجماع أو غيره ، سواء كان فى اليقظة أو المنام 
وأجمعوا على أن لا أثر للجماع فى المنام إلا مع الإنزال 
وأجمع العلماء على أن الحيض بلوغ فى حق النساء 
واختلف العلماء فى أقل سن تحيض فيه المرأة ويحتلم فيه الرجل ، وهل تنحصر العلامات فى ذلك أم لا ؟ وفى السن إذا جاوزه الغلام ولم يحتلم ، والمرأة ولم تحض يحكم حينئذ بالبلوغ ، قال أبو حنيفة: سن البلوغ تسع عشرة أو ثمان عشرة للغلام وسبع عشرة للجارية . وقال أكثر المالكية : حده فيهما سبع عشرة أو ثمان عشرة، وقال الشافعى وأحمد والجمهور :
حده فيهما استكمال خمس عشرة سنة على ما فى حديث ابن عمر ، الذى اعتمده عمر بن عبد العزيز وهو خليفة، وكتب إلى عماله أن يفرضوا لمن بلغ خمس عشر
Previous
Next Post »