HUKUM BERSENGGAMA SEBELUM ISTRI MANDI HAID



Wayahrumu bihi ma yahrumu bil jinabati wa mubasirotin ma baina surrotiha warrukbatiha wa qila la yahrumu ghoirul wath'i wahtarohu an-Nawawy fi tahqiqi li khobari Muslimin Isna'uu kulla sya'in illannikaha wa idza inqotho'a damuha hilla laha qoblalgusli shoumun la wath'a khilafan lima bahatsahu al alamah al Jalalusyuyuthi rohimahulloh. Fathul Mu'in bil Hamisy I'anathuttholibin juz 1/72-73

Dan harom sebab Haid sama sepertti harom.sebab jinabat dan harom menyentuh antara pusar dan lutut, tp ada pendapt yang membolehkannya kecuali jima' dan Imam Nawawy di dalam kitab Tahqiq memilih pendapat ini berdasar Hadist Imam Muslim "Berbuatlh segala sesuatu kecuali Jima' dan apa bila darah Haid sudah berhenti maka halal bagi permpuan sebelum mandi untuk puasa tapi tidak untuk jima' lain pendapat dengan Imam Jalal as-Suyuthi.

  • ﻧﻬﺎﻳﺔ ﺍﻟﺰﻳﻦ ﻓﻲ ﺇﺭﺷﺎﺩ ﺍﻟﻤﺒﺘﺪﺋﻴﻦ ﺹ 34 :

    ﻭﺍﻟﺘﺎﺳﻊ ﺍﻟﻮﻁﺀ ﻭﻟﻮ ﺑﺤﺎﺋﻞ ﺛﺨﻴﻦ ﻭﻟﻮ ﺑﻌﺪ ﺍﻧﻘﻄﺎﻉ ﺍﻟﺪﻡ ﻭﻗﺒﻞ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﻭﻫﻮ ﻛﺒﻴﺮﺓ ﻣﻦ ﺍﻟﻌﺎﻣﺪ ﺍﻟﻌﺎﻟﻢ ﺑﺎﻟﺘﺤﺮﻳﻢ ﺍﻟﻤﺨﺘﺎﺭ ﻳﻜﻔﺮ ﻣﺴﺘﺤﻠﻪ ﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﻗﺒﻞ ﺍﻻﻧﻘﻄﺎﻉ ﻭﻗﺒﻞ ﺑﻠﻮﻍ ﻋﺸﺮﺓ ﺃﻳﺎﻡ ﻭﺇﻻ ﻓﻼ ﻳﻜﻔﺮ ﻟﻠﺨﻼﻑ ﻓﻴﻪ ﺣﻴﻨﺌﺬ ﻭﻣﺤﻞ ﺍﻟﻜﻔﺮ ﺑﺎﻻﺳﺘﺤﻼﻝ ﺃﻳﻀﺎ ﺇﻥ ﻛ
    ﺎﻥ ﻓﻲ ﺑﻠﺪ ﻣﻌﻠﻮﻡ ﻋﻨﺪﻫﻢ ﺣﺮﻣﺔ ﺫﻟﻚ ﺑﺎﻟﻀﺮﻭﺭﺓ ﻭﺇﻻ ﻓﻼ ﻛﻔﺮ ﻛﺒﻌﺾ ﺍﻟﺒﻼﺩ ﺍﻟﺬﻳﻦ ﻳﺠﻬﻠﻮﻥ ﺣﺮﻣﺔ ﺫﻟﻚ ﻭﻣﺤﻞ ﺣﺮﻣﺘﻪ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻳﺨﻒ ﺍﻟﺰﻧﺎ ﻓﺈﻥ ﺧﺎﻓﻪ ﻭﺗﻌﻴﻦ ﺍﻟﻮﻁﺀ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﻴﺾ ﻃﺮﻳﻘﺎ ﻟﺪﻓﻌﻪ ﺟﺎﺯ ﻷﻧﻪ ﺇﺫﺍ ﺗﻌﺎﺭﺽ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺸﺨﺺ ﻣﻔﺴﺪﺗﺎﻥ ﻗﺪﻡ ﺃﺧﻔﻬﻤﺎ. ﺇﻫـ

    Yang kesembilan adalah berhubungan intim meskipun beserta penghalang yg tebal dan meskipun setelah terputusnya darah dan sebelum mandi besar. Itu adalah dosa besar bagi orang yg sengaja, mengerti keharamannya, serta tidak dalam keadaan darurat, yg dihukumi kufur orang yg menghalalkannya apabila hal itu dilakukan sebelum terputusnya darah dan sebelum mencapai sepuluh hari. Dan apabila tidak demikian maka tidak dihukumi kufur karena terdapat perbedaan pandangan tentangnya. Dan demikian juga penghalalan tersebut dihukumi kufur apabila terjadi di sebuah daerah yg memang sudah maklum bagi penduduk akan keharamannya, dan apabila tidak demikian maka tidak dihukumi kufur, sebagaimana sebagian daerah yg penduduknya tidak mengerti akan keharamannya. Letak keharaman melakukan hubungan intim tersebut jika tidak khawatir zina, lantas apabila dikhawatirkan berbuat zina dan berhubungan intim merupakan jalan satu-satunya agar bisa menghindar dari zina maka boleh melakukan hubungan intim, karena apabila terdapat dua mafsadah yg menghadap terhadap seseorang maka yg lebih ringan dari keduanya yg didahulukan

     ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻤﻌﻴﻦ - ﺍﻟﻤﻠﻴﺒﺎﺭﻱ ﺍﻟﻬﻨﺪﻱ - ﺝ - ١ ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٨٨ - ٨٩:

    ﻭﻳﺤﺮﻡ ﺑﻪ ﻣﺎ ﻳﺤﺮﻡ ﺑﺎﻟﺠﻨﺎﺑﺔ، ﻭﻣﺒﺎﺷﺮﺓ ﻣﺎ ﺑﻴﻦ ﺳﺮﺗﻬﺎ ﻭﺭﻛﺒﺘﻬﺎ. ﻭﻗﻴﻞ: ﻻ ﻳﺤﺮﻡ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﻮﻃﺊ. ﻭﺍﺧﺘﺎﺭﻩ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺤﻘﻴﻖ، ﻟﺨﺒﺮ ﻣﺴﻠﻢ: ﺍﺻﻨﻌﻮﺍ ﻛﻞ ﺷﺊ ﺇﻻ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ. ﻭﺇﺫﺍ ﺍﻧﻘﻄﻊ ﺩﻣﻬﺎ ﺣﻞ ﻟﻬﺎ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻐﺴﻞ ﺻﻮﻡ ﻻ ﻭﻃﺊ، ﺧﻼﻓﺎ ﻟﻤﺎ ﺑ
    ﺤﺜﻪ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﻟﺠﻼﻝ ﺍﻟﺴﻴﻮﻃﻲ ﺭﺣﻤﻪ ﺍﻟﻠﻪ. 

    ﺇﻋﺎﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ - ﺍﻟﺒﻜﺮﻱ ﺍﻟﺪﻣﻴﺎﻃﻲ - ﺝ ١ - ﺍﻟﺼﻔﺤﺔ ٨٩ :

    ﻗﻮﻟﻪ: ﻻ ﻭﻃﺊ ﺃﻱ ﺃﻣﺎ ﻫﻮ ﻓﻴﺤﺮﻡ، ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ: ﻭﻻ ﺗﻘﺮﺑﻮﻫﻦ ﺣﺘﻰ ﻳﻄﻬﺮﻥ * ﻭﻗﺪ ﻗﺮﺉ ﺑﺎﻟﺘﺸﺪﻳﺪ ﻭﺍﻟﺘﺨﻔﻴﻒ. ﺃﻣﺎ ﻗﺮﺍﺀﺓ ﺍﻟﺘﺸﺪﻳﺪ ﻓﻬﻲ ﺻﺮﻳﺤﺔ ﻓﻴﻤﺎ ﺫﻛﺮ، ﻭﺃﻣﺎ ﺍﻟﺘﺨﻔﻴﻒ ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﻪ ﺃﻳﻀﺎ ﺍﻻﻏﺘﺴﺎﻝ - ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﺑﻪ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﻭﺟﻤﺎﻋﺔ، ﻟﻘﺮﻳﻨﺔ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ: ﻓﺈﺫﺍ ﺗﻄﻬﺮﻥ * - ﻓﻮﺍﺿﺢ، ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻤﺮﺍﺩ ﺑﻪ ﺍﻧﻘﻄﺎﻉ ﺍﻟﺤﻴﺾ ﻓﻘﺪ ﺫﻛﺮ ﺑﻌﺪﻩ ﺷﺮﻃﺎ ﺁﺧﺮ ﻭﻫﻮ ﻗﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ : ﻓﺈﺫﺍ ﺗﻄﻬﺮﻥ * ﻓﻼ ﺑﺪ ﻣﻨﻬﻤﺎ ﻣﻌﺎ. ﺍﻫ ﺇﻗﻨﺎﻉ.
    ﻗﻮﻟﻪ: ﺧﻼﻓﺎ ﻟﻤﺎ ﺑﺤﺜﻪ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﻟﺠﻼﻝ ﺍﻟﺴﻴﻮﻃﻲ ﺃﻱ ﻣﻦ ﺣﻞ ﺍﻟﻮﻃﺊ ﺃﻳﻀﺎ ﺑﺎﻻﻧﻘﻄﺎﻉ. ﺍﻫ.
Previous
Next Post »