MERAMAL NASIB BAIK DAN BURUK DENGAN HITUNGAN HARI, TANGGAL DAN SEJENISNYA

Tathayyur (meramal nasib ) pada nama-nama,hari. bilangan, angka, dan sejenisnya. Semua itu diharamkan dalam syari’at Islam dan dimasukkan dalam kategori perbuatan syirik oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, karena orang yang bertathayyur menganggap hal-hal tersebut membawa untung dan celaka.
Tath0yyur ini tradisi jahiliyah untuk menentukan hari baik atau naas / sial dengan menerbangkan burung. bila terbang ke kanan maka baik. bila kekiri maka sial ---- itulah asalnya. == dan untuk sekarang bisa berupa apa saja menentukan baik/ atau buruk. dengan hitungan - hitungan. 
... - kitab Musnad imam Ahmad.juz 11 hal 623. / muassah ar risalah .cetakan thn 2001.
- حدثنا حسن، حدثنا ابن لهيعة، أخبرنا ابن هبيرة، عن أبي عبد الرحمن الحبلي، عن عبد الله بن عمرو، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " من ردته الطيرة من حاجة، فقد أشرك "، قالوا : يا رسول الله، ما كفارة ذلك؟ قال: " أن يقول أحدهم: اللهم لا خير إلا خيرك، ولا طير إلا طيرك، ولا إله غيرك "
===
‘Barangsiapa mengurungkan niatnya karena thiyarah, maka ia telah berbuat syirik.” Para Sahabat bertanya: “Lalu apakah tebusannya?” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Hendaklah ia mengucapkan: ‘Ya Allah, tidak ada kebaikan kecuali kebaikan dari Engkau, tiadalah burung itu (yang dijadikan objek tathayyur) melainkan makhluk-Mu dan tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Engkau.’
=====
الطيرة: قال ابن الأثير: بكسر الطاء وفتح الياء، وقد تسكن: هي التشاؤم بالشيء، وهو مصدر تطير، يقال: تطير طيرة، وتخير خيرة، ولم يجىء من المصادر هكذا غيرهما. قال السندي: وفي "الصحاح": الطيرة، كالعنبة، هو ما يتشاؤم به من الفأل الرديء، اسم من التطير، ومثله في "القاموس" قوله: "ولا طير إلا طيرك": قال السندي: في "الصحاح": الطير جمع طائر،
--------
kitab Ibnu Majah juz 2/ 1170.
حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة قال: حدثنا وكيع، عن سفيان، عن سلمة، عن عيسى بن عاصم، عن زر، عن عبد الله قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «الطيرة شرك وما منا إلا ولكن الله يذهبه بالتوكل»
----------
“Thiyarah itu syirik, thiyarah itu syirik, thiyarah itu syirik dan setiap orang pasti (pernah terlintas dalam hatinya sesuatu dari hal ini). Hanya saja Allah menghilangkannya dengan tawakkal kepada-Nya.
=== penjelasannya ==
yang menyebabkab syirik apa bila menyakini bahwa perbuatan thairah itu bisa membekasinya.
شرح محمد فؤاد عبد الباقي]
[ش - (شرك) إذا اعتقد لها تأثيرا. أو معناه أنها من أعمال أهل الشرك أو مفضية إليه باعتقادها مؤثرة. أو المراد الشرك الخفي. (وما منا إلا) أي وما منا أحد إلا ويعتريه شيء ما منه في أول الأمر قبل التأمل
وقد ذكر كثير من الحفاظ أن جملة وما منا الخ من كلام ابن مسعود مدرج في الحديث. ولو كان مرفوعا كان المراد وما منا أي من المؤمنين من الأمة


Sunde Pati '''''''

(مسألة) إذا سأل رجل اخر هل ليلة كذا او يوم كذا يصلح للعقد او النقلة فلا يحتاج إلي جواب لان الشارع نهي عن اعتقاد ذلك وزجر عنه زجرا بليغا فلا عبرة بمن يفعله. وذكر ابن الفركاح عن الشافعي انه ان كان المنجم يقول ويعتقد انه لايؤثر الا الله ولكن أجري الله العادة بأنه يقع كذا عند كذا . والمؤثر هو الله عز وجل. فهذه عندي لابأس فيه وحيث جاء الذم يحمل علي من يعتقد تأثير النجوم وغيرها من المخلوقات . وافتي الزملكاني بالتحريم مطلقا

poin

وذكر ابن الفركاح عن الشافعي انه ان كان المنجم يقول ويعتقد انه لايؤثر الا الله ولكن أجري الله العادة بأنه يقع كذا عند كذا . والمؤثر هو الله عز وجل. فهذه عندي لابأس فيه وحيث جاء الذم يحمل علي من يعتقد تأثير النجوم وغيرها من المخلوقات

ibnu farkah dari kalangan syafii menyebutkan bahwa jika si peramal/ahli nujum itu berucap dan yakin bahwa sesuatu tersebut tidak bisa menentukan atas apapun kecuali hanya Alloh tapi Alloh menerapkan suatu kebiasaan bahwa jika seperti ini akan jadi gini sedangkan yg menentukan segalanya adalah Alloh maka hal ini menurutku tidaklah jadi masalah
dan apabila datang suatu celaan itu dilarikan pada orang yg berkeyakinan bahwa pengaruh ramalan dan sejenisnya itu yg menentukan adalah para mahluk


hal 206
غاية التلخيص المراد
Previous
Next Post »