SHOLAT JAMA'
Assalamu'a laikum..
Bagaimana Hukumnya ORANG SAKIT yang Menjama' shoLatnya di Rumah atau di RS ?????
JAWABAN :
Wa'alaikum salam
Imam Ahamad, Imam Ishaq dan sebagian pengikut madzhab Syafi'i membolehka nnya namun pendapat yang mashur dikalangan Syafi'iyya h tidak membolehka nnya...
وخرج بذلك الحل والريح والظلمة والمرض والخوف وغير ذلك من الأعذار المبيحة لترك الجماعة فلا يجوز الجمع بسببها لأنها قد كانت في زمان النبي صلى الله عليه و سلم ولم ينقل أنه جمع لأجلها ولحديث المواقيت فلا تجوز مخالفته إلا بنص صريح
Fiqh as-Syafi’i I/463
فأما الوحل والريح والظلمة والمرض فلا يجوز الجمع لاجلها فإنها قد كانت في زمان النبي صلى الله عليه وسلم ولم ينقل أنه جمع لاجلها
Al-Muhadzd zab I/105
Dikecualik an dalam hal tersebut lumpur, angin, gelap, sakit, takut dan halangan-h alangan lainnya yang memperkena nkan meninggalk an shalat berjamaah maka tidak diperkenan kan menjalanka n JAMA’ SHALAT karenanya karena hal-hal demikian telah terjadi dizaman Nabi SAW dan tidak dinukil beliau menjama’ shalat karenanya dan berdasarka n hadits “AL-MAWAAQ IT” maka tidak boleh menyalahin ya kecuali dengan dalil yang sharih (jelas)
قوله: (ورخص بعض أهل العلم من التابعين في الجمع بين الصلاتين للمريض وبه يقول أحمد وإسحاق) وقال عطاء يجمع المريض بين المغرب والعشاء كذا في صحيح البخاري معلقاً. ووصله عبد الرزاق قال الحافظ في الفتح: وصله عبد الرزاق في مصنفه عن ابن جريج عنه قال: واختلف العلماء في المريض هل يجوز له أن يجمع بين الصلاتين كالمسافر لما فيه من الرفق به أولاً فجوزه أحمد وإسحاق واختاره بعض الشافعية، وجوزه مالك بشرطه والمشهور عن الشافعي وأصحابه المنع ولم أر في المسألة نقلاً عن أحد من الصحابة انتهى كلام الحافظ
Sebagian ahli Ilmu dari kalangan Tabi’in memberi dispensasi akan jama’ shalat karena sakit, inilah pendapat Imam Ahmad dan Ishaq.
Imam ‘Atha’ memperkena nkan menjama’ shalat maghrib dan Isya sebab sakit demikian keterangan yang dikaitkan dalam Shahih al-Bukhari dan sampai pada Abdur Razaq.
al-Hafidz dalam kitab al-Fath berkata “Pernyataa n tersebut sampai pada Abdur Razaq dalam kitab karanganny a dari Ibn Juraih, ia berkata “Ulama berbeda pendapat akan kewenangan orang sakit, bolehkah ia menjama shalat sebagaiman a orang yang bepergian karena yang demikian terdapat unsur kasihan padanya, atau tidak diperboleh kan ?
Imam Ahmad, Ishaq dan sebagian pengikut madzhab Syafi’iyya h memilih memperbole hkannya, Imam Malik memperkena nkan dengan persyarata n sedang pendapat yang mashur dan para sahabatnya melarangny a dan aku tidak melihat dalam masalah ini keterangan yang dapat diambil dari kalangan sahabat nabi SAW.
Tuhfah al-Ahwaadz i I/492
Wallaahu A'lamu Bis Showaab
Assalamu'a
Bagaimana Hukumnya ORANG SAKIT yang Menjama' shoLatnya di Rumah atau di RS ?????
JAWABAN :
Wa'alaikum
Imam Ahamad, Imam Ishaq dan sebagian pengikut madzhab Syafi'i membolehka
وخرج بذلك الحل والريح والظلمة والمرض والخوف وغير ذلك من الأعذار المبيحة لترك الجماعة فلا يجوز الجمع بسببها لأنها قد كانت في زمان النبي صلى الله عليه و سلم ولم ينقل أنه جمع لأجلها ولحديث المواقيت فلا تجوز مخالفته إلا بنص صريح
Fiqh as-Syafi’i
فأما الوحل والريح والظلمة والمرض فلا يجوز الجمع لاجلها فإنها قد كانت في زمان النبي صلى الله عليه وسلم ولم ينقل أنه جمع لاجلها
Al-Muhadzd
Dikecualik
قوله: (ورخص بعض أهل العلم من التابعين في الجمع بين الصلاتين للمريض وبه يقول أحمد وإسحاق) وقال عطاء يجمع المريض بين المغرب والعشاء كذا في صحيح البخاري معلقاً. ووصله عبد الرزاق قال الحافظ في الفتح: وصله عبد الرزاق في مصنفه عن ابن جريج عنه قال: واختلف العلماء في المريض هل يجوز له أن يجمع بين الصلاتين كالمسافر لما فيه من الرفق به أولاً فجوزه أحمد وإسحاق واختاره بعض الشافعية، وجوزه مالك بشرطه والمشهور عن الشافعي وأصحابه المنع ولم أر في المسألة نقلاً عن أحد من الصحابة انتهى كلام الحافظ
Sebagian ahli Ilmu dari kalangan Tabi’in memberi dispensasi
Imam ‘Atha’ memperkena
al-Hafidz dalam kitab al-Fath berkata “Pernyataa
Imam Ahmad, Ishaq dan sebagian pengikut madzhab Syafi’iyya
Tuhfah al-Ahwaadz
Wallaahu A'lamu Bis Showaab
EmoticonEmoticon