HUKUM UPAH MENGAJAR ALQURAN




Assalamu'alaykum..
Bgmn hukumnya menerima bayaran/ upah dari mengajar alqu'an..?


JAWABAN

waalaikumussalam warohmah..

para ulama' berselisih pendapat:
-Menurut az-Zuhri dan Abu Hanifah tdk diperblhkn.
-Menurut Hasan Al-Bashri,Asy-Syu'bi dan Ibnu Siirin,diperbolehkan,jika bayaran itu tdk disyaratkan(tdk diakadi)
-Menurut imam 'Atho',Malik, dan asy-syafi'i,diperbol menerima bayaran jika sblmnya ada akad ijaroh shahihah(akad ijaroh yg mmnuhi syarat)
Referensi:
at-Tibyaan fii Aadabi Hamalatil Qur'an,hal:45-46.

 قد روي ابو عيسي الترمذي في جامعه عن ابي سعيد رضي الله عنه قال بعثنا رسول الله صلي الله عليه و سلم في سرية فنزلنا بقوم فسألنا هم القري فلم يقرونا فلدغ سيدهم فأتونا فقالوا هل فيكم من يرقي من العقرب؟
قلت نعم انا و لكن لا ارقيه حتي تأتونا غنما قالوا فانا نؤتيكم ثلاثين شاة فقبلنا فقرأت عليه الحمد سبع مرات فبرأ و قبضنا الغنم
قال فعرض في انفسنا منها شيء فقلت لا تعجلوا حتي تأتوا رسول الله صلي الله عليه و سلم قال فلما قدمنا عليه ذكرت له الذي صنعت قال و ما علمت انها رقية اقبضوا الغنم و اضربوا لي معكم بسهم وهذا حدث حسن صحيح

قال الترمذي و احتج به الشافعي علي ان يأخذ معلم القرآن علي تعلمه اجرا و ان يشترط علي ذلك اه.

انارة الدجا ١٠٧

= Asyharun Nawa
Ahaqqu maa yu'khodzu 'alaihil-ajru ta'liimul-qur'an
(Yg lebih berhak diambil upah/gaji atas suatu pekerjaan yaitu mengajarkan Al-Qur'an).
(fathul Mu'in),

Dilihat dari maqolah trsbut sangat jelas bhw menentukan nominal mahar dikarenakan memberi ijazah suatu amalan/wirid dll. Diperbolehkan walau tdk wajib kcuali Mu'jiz(guru yg mengijazahinya) sendiri yg mewajibkan/menjadikan syarat. dan jika mahar tlah dijadikan sbagai syarat oleh Mu'jiz maka bg yg tdk membayar mahar tdk berhak mengamalkan ilmu yg tlah diijazahkan.

status mahar pengijazahan do'a / wirid adalah ujroh / jualah.
Sedangkan hukum menerimanya diperbolehkan
Bughyatul mustarsyidiin lisayyid ba'alawi alhadhromi hal 276,

Untuk masalah mngambil mahar Imamuna Ghozali dan dalam ilmu fiqih ada yg memperbolehkan

Kitab :
ALfatawil fiqhiyah alkubro juz hal 150
Bugyatul mustarsyidin hal 276
Hawasyi Asy-syarwani juz 6 hal 263
Ihya' ulumudin juz 2 hal 3
I'anatutolibin juz 3 hal 131

bagaimana hukumnya "menjual ilmu"
mari kita cermati uraian ta`bir di bawah ini

Boleh mematok harga untuk sesuatu pekerjaan yg tidak wajib diniati,baik pekerjaan berupa ibadah / bukan,seperti mengajar Al Qur`an,Muadzin,merawat jenazah dll,dengan syarat ditentukan dan disebutkan kadar dan kira2 yg akan disampaikan atau dikerjakan.

berikut Ta`bir dalam kitab Bughyah.

(مسألة: ي): يصح الاستئجار لكل ما لا تجب له نية عبادة كان، كأذان وتعليم قرآن وإن تعين، وتجهيز ميت أولا كغيره من العلوم تدريساً وإعادة، بشرط تعيين المتعلم والقدر المتعلم من العلم، وكالاصطياد ونحوه لا القضاء والإمامة ولو في نفل، فما يعطاه الإمام على ذلك فمن باب الأرزاق والمسامحة، فلو امتنع المعطي من إعطاء ما قرره لم تجز له المطالبة به ولا لعقد نكاح كالجعالة عليه، ويحرم اشتراط الأجرة عليه من غير عقد، بل هو من أكل أموال الناس بالباطل، نعم إن أهدى نحو الزوج للملفظ شيئاً جاز قبوله إن لم يشترطه، وعلم الدافع عدم وجوبه عليه

Previous
Next Post »