KROYA GEBANG ARUM BONANG DEMAK

MAKNA SEDERHANA
( Oleh : Asyharun Nawa Al Bayat )



Sahabat….
Awalan izinkan saya untuk membahas secuil dari makna kesederhanaan.
Sahabat…
Kesederhanaan hidup bagi saya adalah tidak menyerah pada arus. Bukan dalam sebuah arti hidup miskin atau membuka tangan meminta.
Kesederhanaan adalah hidup apa adanya, Hidup fleksibel, toleran, moderat berpusat pada idealisme. Ya, idealisme, ini sahabat yang saya coba jadikan timbangan. Meski saya kadang tersiksa dengan idealisme, tapi sesudahnya saya ambil pikir bahwa itulah yang mengajari saya untuk selalu bersabar.
Sahabat
Kesederhanaan adalah mengupayakan keseimbangan hidup. Seimbang dalam ruhiyah (spiritual), materi, kemanusiaan , dan etika (moral), jujur pada diri sendiri, mengakui kesalahan dan memperbaiki.

Sahabat
Selanjutnya, kesedrehanaan bagi saya Adalah brusaha memaafkan masa lalu, memaafkan diri sendiri.
Mungkin kita lebih paham dan tahu bahwa yang tersulit adalah memaafkan diri sendiri.
Karena ini seperti halusinasi berulang, yang mencengkeram erat, kala kita sedang terpuruk. Maka jangan segan untuk mema’afkan kesalahan masa lalumu.
Sahabat
Bila kesempatan itu masih ada, perbaikilah, mungkin engkau masih bisa mendapatkan madu istimewa. Kelegaan dan hati yang tenang. Atau kau benar-benar peroleh intan kebahagian sejati yang diidamkan. Tapi peluang itu tak akan terlaksana jika kau tak berani mencoba sekarang. Jadi sederhanakan berpikir dengan bertindak cepat
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar