Maulid Meniru Perayaan Natal Dalam Kristen



Orang-orang salafy wahabi paling selalu menggunakan alasan ini untuk melarang maulid : 

Maulid menyerupai Kristen, merayakan kelahiran setahun sekali karena kristen merayakan hari kelahiran Yesus, maka Maulid merayakan kelahiran Rasulullah saw, padahal tanggal lahir Rasulullah masih ikhtilaf ulama.

Jawaban

Menyerupakan maulid dan natal sama sekali tidak benar dan salah sasaran, karena Maulid bukanlah acara yg diadakan setahun sekali sebagai penanda peringatan. Maulid boleh di adakan kapan saja, boleh setiap hari, boleh setiap seminggu sekali atau sebulan sekali atau kapapan pun juga, jadi tidak ada keharusan di lakukan setahun sekali.

Maulid juga tidak sama dengan natal, karena natal adalah memperingati hari kelahiran Yesus, sedangkan maulid tidak semerta2 memperingati kelahiran Rasulullah.

Jika di nisbatkan pada tanggal 12 Rabiul Awwal, maka di tanggal ini ada 5 kejadian agung.

1.Tanggal Kelahiran Rasulullah SAW (bersandar ke salah satu pendapat, tentu ini adalah tanggal bersejarah bagi Islam)

2. Tanggal Hijrahnya Rasulullah dari Makkah ke Madinah (ini juga adalah tanggal bersejarah bagi Islam)

Karena Rasulullah saw bisa keluar dari Mekkah setelah mengalami tekanan yang didapatkna secara terus menerus

3. Tanggal Bertemunya Muhajjirin dan Anshor (Ini adalah awal pergerakan Islam mulai berkembang setelah sekian tahun di Mekkah selalu mendapat tekanan, penyiksaan, rintangan dakwah yg berat dsb, ketika Muhajjirin dan Anshor bertemu di Yastrib, Dakwah Islam terbuka lebar tidak seperti di mekkah)

4. Tanggal wafatnya Rasulullah saw (tentu didalam maulid pun kami juga mengenang saat2 ini, hingga menitikkan air mata merindukan Rasulullah saw, dengan begini kami merasa sangat dekat dan semakin cinta kepada Rasulullah saw)

5. Tanggal dimana berdirinya Da'i Pertama, Khalifah pertama agama Islam ini, karena di hari wafatnya Rasulullah itu juga Sayyidina Abu Bakar Ash Shiddiq RA berdiri dan membangkitkan lagi semangat Muslimin yang meredup pada saat itu karena wafatnya Rasulullah saw. Sehingga Umat Islam kembali bangkit dengan semangat yg menyebabkan Islam semakin berkembang dan berkembang dan meluas ke seluruh penjuru bumi di periode Khalifah2 dan Da'i setelah Sayyidina Abu Bakar Ash Shiddiq RA.. ini sesuai dengan firman Allah didalam Surat Al Fath (Inna Fatahna Laka Fatha Mubina)... ayat ini sering di ulang2 didalam setiap pembacaan maulid untuk mengenang kejadian itu...

Ini jelas beda sekali dengan Natal..
Previous
Next Post »