Shalat beliau Mengikuti ajaran Nabi Ibrahim As.3-حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ
قَالَ: حَدَّثَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ عَنْ عُرْوَةَ بْنِ
الزُّبَيْرِ عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِين أَنَّهَا قَالَتْ:أَوَّلُ مَا
بُدِئَ بِهِ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم مِنْ الْوَحْيِ الرُّؤْيَا
الصَّالِحَةُ فِي النَّوْمِ، فَكَانَ لاَ يَرَى رُؤْيَا إِلاَّ جَاءَتْ مِثْلَ
فَلَقِ الصُّبْحِ.ثُمَّ حُبِّبَ إِلَيْهِ الْخَلاَءُ، وَكَانَ يَخْلُو بِغَارِ
حِرَاءٍ، فَيَتَحَنَّثُ فِيهِ - وَهُوَ التَّعَبُّدُ - اللَّيَالِيَ ذَوَاتِ
الْعَدَدِ، قَبْلَ أَنْ يَنْزِعَ إِلَى أَهْلِهِ وَيَتَزَوَّدُ لِذَلِكَ، ثُمَّ
يَرْجِعُ إِلَى خَدِيجَةَ فَيَتَزَوَّدُ لِمِثْلِهَا، حَتَّى جَاءَهُ الْحَقُّ
وَهُوَ فِي غَارِ حِرَاءٍ، فَجَاءَهُ الْمَلَكُ فَقَالَ: اقْرَأْ.قَالَ: "
مَا أَنَا بِقَارِئٍ .قَالَ: فَأَخَذَنِي فَغَطَّنِي حَتَّى بَلَغَ مِنِّي
الْجَهْدَ، ثُمَّ أَرْسَلَنِي فَقَالَ: اقْرَأْ.قُلْتُ: "مَا أَنَا
بِقَارِئٍ".فَأَخَذَنِي فَغَطَّنِي الثَّانِيَةَ حَتَّى بَلَغَ مِنِّي
الْجَهْدَ، ثُمَّ أَرْسَلَنِي فَقَالَ: اقْرَأْ.فَقُلْتُ: مَا أَنَا
بِقَارِئٍ.فَأَخَذَنِي فَغَطَّنِي الثَّالِثَةَ، ثُمَّ أَرْسَلَنِي فَقَالَ:
{اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ، خَلَقَ الإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ،
اقْرَأْ وَرَبُّكَ الأَكْرَمُ} فَرَجَعَ بِهَا رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم
يَرْجُفُ فُؤَادُهُ، فَدَخَلَ عَلَى خَدِيجَةَ بِنْتِ خُوَيْلِدٍ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهَا فَقَالَ: "زَمِّلُونِي زَمِّلُونِي" .فَزَمَّلُوهُ حَتَّى
ذَهَبَ عَنْهُ الرَّوْعُ، فَقَالَ لِخَدِيجَةَ وَأَخْبَرَهَا الْخَبَرَ: "
لَقَدْ خَشِيتُ عَلَى نَفْسِي" .فَقَالَتْ خَدِيجَةُ: كَلاَ وَاللَّهِ مَا
يُخْزِيكَ اللَّهُ أَبَدًا، إِنَّكَ لَتَصِلُ الرَّحِمَ، وَتَحْمِلُ الْكَلَّ،
وَتَكْسِبُ الْمَعْدُومَ، وَتَقْرِي الضَّيْفَ، وَتُعِينُ عَلَى نَوَائِبِ
الْحَقِّ.فَانْطَلَقَتْ بِهِ خَدِيجَةُ حَتَّى أَتَتْ بِهِ وَرَقَةَ بْنَ نَوْفَلِ
بْنِ أَسَدِ بْنِ عَبْدِ الْعُزَّى - ابْنَ عَمِّ خَدِيجَةَ - وَكَانَ امْرَأً
قَدْ تَنَصَّرَ فِي الْجَاهِلِيَّةِ، وَكَانَ يَكْتُبُ الْكِتَابَ
الْعِبْرَانِيَّ، فَيَكْتُبُ مِنْ الإِنْجِيلِ بِالْعِبْرَانِيَّةِ مَا شَاءَ
اللَّهُ أَنْ يَكْتُبَ، وَكَانَ شَيْخًا كَبِيرًا قَدْ عَمِيَ.فَقَالَتْ لَهُ
خَدِيجَةُ: يَا ابْنَ عَمِّ اسْمَعْ مِنْ ابْنِ أَخِيكَ.فَقَالَ لَهُ وَرَقَةُ:
يَا ابْنَ أَخِي مَاذَا تَرَى؟فَأَخْبَرَهُ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم
خَبَرَ مَا رَأَى.فَقَالَ لَهُ وَرَقَةُ: هَذَا النَّامُوسُ الَّذِي نَزَّلَ
اللَّهُ عَلَى مُوسَى، يَا لَيْتَنِي فِيهَا جَذَعًا، لَيْتَنِي أَكُونُ حَيًّا
إِذْ يُخْرِجُكَ قَوْمُكَ.فَقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ":
أَوَمُخْرِجِيَّ هُمْ؟ قَالَ: نَعَمْ، لَمْ يَأْتِ رَجُلٌ قَطُّ بِمِثْلِ مَا
جِئْتَ بِهِ إِلاَّ عُودِيَ، وَإِنْ يُدْرِكْنِي يَوْمُكَ أَنْصُرْكَ نَصْرًا
مُؤَزَّرًا. ثُمَّ لَمْ يَنْشَبْ وَرَقَةُ أَنْ تُوُفِّيَ وَفَتَرَ الْوَحْيُ.Diriwayatkan dari Aisyah, Ummul
mukminin ra. dia berkata; Awal mula wahyu yang diturunkan kepada Rasulullah
saw. berupa mimpi yang benar. Ketika itu Rasulullah saw. mendapatkan mimpi yang
benar seterang cahaya pagi, kemudian beliau senang berkhalwat (menyepi). Beliau
berkhalwat di gua Hira untuk beribadah selama beberapa malam sebelum beliau
kembali kepada keluarganya. Rasulullah saw. membawa perbekalan makanan untuk
berkhalwat, lalu beliau pulang menemui Khadijah untuk mengambil perbekalan
lagi, sehingga ketika berada di dalam gua Hira beliau tiba-tiba mendapat
wahyu. Beliau didatangi malaikat yang mengakatan “Bacalah!” Rasulullah saw
menjawab, “Aku tidak bisa membaca”. Kata Rasulullah saw: “Lalu malaikat itu
memelukku keras-keras sehingga nafasku terasa sesak, kemudian dia melepaskanku,
lalu dia katakan lagi, “Bacalah!” Aku menjawab “Aku tidak bisa membaca”. Dia
memelukku lagi lagi (kedua kalinya) dengan keras sehingga nafasku terasa sesak,
lalu dia melepaskanku, kemudian dia membacakan, “Bacalah dengan nama Tuhanmu
yang menciptakan. Dia menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah!
Tuhanmulah yang maha pemurah”, (QS.Al-laq: 1-3)Kemudian Rasulullah saw. pulang
membawa wahyu dengan hati yang penuh ketakutan. Beliau menemui Khadijah binti
Khuwaylid ra. Kata beliau, “Selimutilah aku! Selimutilah aku” Maka keluarga
Nabi saw. menyelimutibeliau sehingga rasa takut beliau hilang. Beliau ceritakan
kepada Khadijah peristiwa yang telah beliau alami. Kata beliau, “Aku takut akan
terjadi sesuatu pada diriku”. Khadijah menjawab. “Demi Allah, tidak akan
terjadi apa-apa. Allah tidak akan membuatmu hina, karena engkau selalu
menyambung sanak kerabat, menolong fakir miskin, menghormati tamu dan membantu
orang-orang yang tertimpa musibah”.Khadijah mengajak Nabi saw. pergi untuk
menemui Waraqaoh bin Naufal bin Asad bin Abdul ‘Uzza, sepupu Khadijah. Waraqoh
adalah orang yang beragama Nasrani pada masa Jahiliyah dan pernah menulis kitab
Injil dalam bahasa Ibrani sebanyak yang dikehendaki oleh Allah. Ketika itu
Warakahsudah tua dan buta. Kata Khajdijah, “Hai sepupuku! dengarlah kata
sepupumu ini (Muhammad) ini!” Waraqah bertanya kepada Nabi asw., “Hai sepupuku!
Apa yang kau alamai, lalu Waraqah mengatakan apa yang telah kau alamai,
Rasulullah menuturkan kepada Waraqah apa yang telah beliau alamai, lalu Waraqah
mengatakan kepada beliau, “Dia itu An-Namus (Jibril) yang juga telah diutus
oleh Allah kepada Nabi Musa. Betapa seandainya aku masih muda dan masih hidup
ketika nanti kaummu mengusirmu!” Rasulullah saw, bertanya, “Apakah mereka akan
mengusirku?” Waraqah menjawab, “Ya. Tidak ada laki-laki yang menyampaikan wahyu
seperti yang kau bawa ini melainkan akan dimusuhi. Seandainya aku masih hidup
ketika nanti kau diusir niscaya aku akan membelamu dengan segenap
kemampuanku”.Tidak lama kemudian Waraqah wafat dan wahyu pun tidak turun dalam
beberapa waktu.(HR. Bukhari, hadits no.3)Keterangan HADITS :قوله: "فيتحنث" هي بمعنى
يتحنف، أي يتبع الحنفية وهي دين إبراهيم(Keterangan "فيتحنث" dengan
menggunakan makna يتحنف artinya pengikut agama HANAFIYYAH yakni agama nabi
Ibrahim As.Fath al-Baari I/23وما الحنيف قال دين إبراهيم لم يكن
يهوديا ولا نصرانيا وكان لا يعبد إلا اللهApakah yang dimaksud Haniif ?Ialah
agama nabi Ibrahim As. Yang bukan agama Yahudi ataupun Nashrani, pengikut
haniif tidak menyembah kecuali hanya pada Allah.Dalaail an-Nubuwwah Li Ismaa’iil
I/81الحنيف المستقيم على الحق ، والأحنف
هو المستقيم في حلقة الرِّجْل ، ويسمى مائل القَدَم بذلك على التفاؤل وإبراهيم
عليه السلام كان حنيفاً لا مائلاً عن الحق ، ولا زائغاً عن الشرع ، ولا مُعَرِّجاً
على شيء وفيه نصيب للنفس ، فقد سَلَّم مَالَه ونَفْسَه ووَلدَه ، وما كان له به
جملةً - إلى حكم الله وانتظار أمره .HANIIF adalah orang yang konsekuen
dengan agamanya.. Dan Ibrahim As. Adalah orang yang haniif tidak melenceng dari
kebenaran , tidak melenceng dari syariat dan memenuhi keinginan-keinginan
nafsunya, ia rela berkorban menyerahkan hartanya, nyawanya dan anaknya demi
menetapi hukum Allah.Tafsiir alQusyairy I/330{ بَلْ مِلَّةَ إبراهيم حَنِيفًا } أي
مخالفاً لليهود والنصارى منحرفاً عنهما ، وأما المفسرون فذكروا عبارات ، أحدها :
قول ابن عباس والحسن ومجاهد : أن الحنيفية حج البيت . وثانيها : أنها اتباع الحق ،
عن مجاهد . وثالثها : اتباع إبراهيم في شرائعه التي هي شرائع الإسلام . ورابعها :
إخلاص العمل وتقديره : بل نتبع ملة إبراهيم التي هي التوحيد عن الأصم قال القفال :
وبالجملة فالحنيف لقب لمن دان بالإسلام كسائر ألقاب الديانات ، وأصله من إبراهيم
عليه السلام .“Bahkan agama Ibrahim adalah Haniif”
yang berbeda dengan orang yahudi ataupun Nashrani, menyalahi keduanya.Menurut
beberapa pendapat Ulama tafsiir tentang HANIIF1. Pendapat Ibn Abbas, al-Hasan
al-Basyri dan Mujahid, haniif menjalani ibadah haji di Baitullah2. Mengikuti
kebenaran3.Mengikuti syariat-syariat Ibrahim As. Yang berarti syariat-syariat
Islam4. Mengikhlaskan amal perbuatan dan takdirnya yang inti amal perbuatannya
mengikuti syariat Nabi Ibrahim yakni TauhidMenurut al-Qaffal “Haniif adalah
julukan bagi mereka yang mengikuti ajaran Islam yang asal ajarannya dari Nabi
Ibrahim As.Tafsiir ar-Rooziy II/370أن الحنيف اسم لمن دان بدين إبراهيم
عليه السلام ومعلوم أنه عليه السلام أتى بشرائع مخصوصة ، من حج البيت والختان
وغيرهما ، فمن دان بذلك فهو حنيف ، وكان العرب تدين بهذه الأشياء . ثم كانت تشرك ،
فقيل من أجل هذا : { حَنِيفًا وَمَا كَانَ مِنَ المشركينHaniif adalah nama julukan bagi
orang yang mengikuti agama Ibrahim As. Yang seperti telah maklum bhwa beliau
datang dengan membawa syariat dari Allah SWT, seperti Haji, Khitan dsb,Orang
yang beragama demikian disebut HANIIF, adalah orang-orang arab beragama semacam
ini namun kemudian mereka syirik karena Allah berfirmn “Ibrahim adalah haniif
dan tidak tergolong orang-orang yang musyrik”.Tafsiir ar-Rooziy II/371قال أبو العالية : الحنيف الذي يستقبل
البيت في صلاتهAbu ‘Aaliyah berkata “Haniif adalah
orang yang saat shalatnya menghadap kiblat”Tafsiir ar-Rooziy VI/354و « الحنيف » : المستقيم في الدِّين ،
أو المائل إلى الحق بالكلية .Haniif adalah orang yang lurus dalam
agamanya atau condong pada kebenaran secara keseluruhan.Tafsiir alQusyairy IV/220الحنيف المائلُ إلى الحق عن الباطل في
القلبِ والنَّفْسِ ، في الجهر وفي السِّرِّ ، في الأفعال وفي الأحوال وفي
الأقوال { غَيْرَ مُشْرِكِينَ بِهِ } : الشِّركُ جَلِيٌّ وخَفِيٌ .Haniif adalah orang yang condong
pada kebenaran jauh dari kebatilan dalam hati dan nafsunya baik saat dalam
kondisi terang-terangan atau menyendiri, dalam perbuatan, haliyah dan ucapan
serta tidak musyrik baik syirk yang jelas atau samar.Tafsiir alQusyairy V/195Wallaahu A’lamu Bis showaabSHALAT NABI MUHAMMAD SEBELUM ISRO'
MI'ROJفائدة ذهب جماعة إلى أنه لم يكن قبل
الإسراء صلاة مفروضة الا ما كان وقع الأمر به من صلاة الليل من غير تحديد وذهب
الحربي إلى أن الصلاة كانت مفروضة ركعتين بالغداة وركعتين بالعشي وذكر الشافعي عن
بعض أهل العلم إن صلاة الليل كانت مفروضة ثم نسخت بقوله تعالى فاقرءوا ما تيسر منه
فصار الفرض قيام بعض الليل ثم نسخ ذلك بالصلوات الخمسAl-Hafidz Ibn Hajar al-'Asyqalaany
berkata :"Segolongan Ulama memilih tidak terdapatnya shalat fardhu sebelum
Isro' kecuali sebatas shalat-shalat yang terdapat perintah menjalankannya
seperti shalat malam yang dikerjakan tanpa dibatasi,al-Harby shalat sebelum Isro'
diwajibkan dikerjakan dengan dua rakaat dipagi hari dan dua rakaat di sore
hari,Imam Syafi'i menuturkan dari
sebagian Ahli Ilmu bahwa shalat malam awal mulanya shalat malam diwajibkan
kemudian dinaskh (dihapus hukumnya) dengan firman Allah "maka bacalah yang
gampang darinya" maka jadilah shalat wajib adalah menjalani shalat
disebagian malam yang kemudian kewajibannya pun dinaskh dengan shalat lima
waktu".Fath al-Baari I/465
EmoticonEmoticon