Dalil Ziarah Ke Makam Orang Tua


Ziarah Ke Makam Orang Tua

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ زَارَ النَّبِىُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْرَ أُمِّهِ فَبَكَى وَأَبْكَى مَنْ حَوْلَهُ فَقَالَ اِسْتَأْذَنْتُ رَبِّى فِى أَنْ أَسْتَغْفِرَ لَهَا فَلَمْ يُؤْذَنْ لِى وَاسْتَأْذَنْتُهُ فِى أَنْ أَزُوْرَ قَبْرَهَا فَأُذِنَ لِىفَزُوْرُوْا الْقُبُوْرَ فَإِنَّهَا تُذَكِّرُ الْمَوْتَ (رواه مسلم رقم 2304 والحاكم رقم 1391 عن بريدة)
"Diriwayatkan dari Abu Hurairah, ia berkata: Rasulullah Saw berziarah ke makam ibunya, kemudian beliau menangis dan membuat orang di sekitarnya menangis. Beliau bersabda: Aku meminta kepada Tuhanku meminta ampunan bagi ibuku, tapi aku tidak diperkenankan, dan aku meminta izin Allah untuk berziarah ke makam ibuku, maka diperkenankan. Berziarahlah ke kuburan, sebab akan mengingatkan pada kematian" (HR Muslim No 2304 dan al-Hakim No 1391 dari Buraidah)
رُوِيَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ زَارَ قَبْرَ أَبَوَيْهِ أَوْ أَحَدِهِمَا فِى كُلِّ جُمْعَةٍ مَرَّةً غَفَرَ اللهُ لَهُ وَكُتِبَ بَرًّا (رواه الطبرانى فى الأوسط رقم 6114 عن أبى هريرة قال الهيثمى (3/60) : فيه عبد الكريم أبو أمية وهو ضعيف والحكيم 1/126 وابن أبى الدنيا فى القبور والبيهقى فى شعب الإيمان عن محمد بن النعمان معضلاً وأخرجه أيضًا الديلمى رقم 5537 والرافعى 1/303)
"Diriwayatkan dari Rasulullah Saw, beliau bersabda: Barangsiapa berziarah ke makam kedua orang tuanya atau salah satunya setiap Jumat sekali, maka Allah akan mengampuninya dan mencatatnya sebagai anak yang berbakti" (HR al-Thabrani dalam al-Mu'jam al-Ausath No 6114 dari Abu Hurairah. Al-Haitsami berkata: Di dalam sanadnya terdapat Abdul Karim Abu Umayyah, ia dlaif. Juga diriwayatkan oleh al-Hakim al-Turmudzi I/126, Ibnu Abi al-Dunya dalam kitab al-Qubur, al-Baihaqi dalamSyu'ab al-Iman secara mu'dlal, al-Dailami No 5537 dan al-Rafi'i I/303)

رُوِيَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ زَارَ قَبْرَ وَالِدَيْهِ أَوْ أَحَدِهِمَا فِى كُلِّ جُمْعَةٍ فَقَرَأَ عِنْدَهُ يس غَفَرَ اللهُ لَهُ بِعَدَدِ كُلِّ حَرْفٍ مِنْهَا (رواه ابن عدى والخليلى وأبو الفتوح عبد الوهاب بن إسماعيل الصيرفى فى الأربعين وأبو الشيخ والديلمى وابن النجار والرافعى عن عائشة عن أبى بكر وأخرجه ابن أبى الدنيا فى مكارم الأخلاق رقم 249) .
"Diriwayatkan dari Rasulullah Saw, beliau bersabda: Barangsiapa berziarah ke makam kedua orang tuanya atau salah satunya setiap Jumat kemudian membaca Yasin di dekatnya, maka Allah akan mengampuninya sesuai bilangan huruf dalam Surat tersebut" (HR Ibnu 'Adi, al-Khalili, Abdulwahhab al-Shairafi, Abu al-Syaikh, al-Dailami, Ibnu al-Najjar, al-Rafi'i dari Aisyah, juga diriwayatkan oleh Ibnu Abi al-Dunya dalam Makarim al-Akhlaq No 249)

قُلْتُ لَهُ شَاهِدٌ (اللآلي المصنوعة للحافظ جلال الدين السيوطي 2 / 365)
"Saya (al-Suyuthi) berkata: Hadis ini ada penguatnya" (al-Hafidz Jalaluddin al-Suyuthi dalam La'ali al-Mashnu'ah II/365)

حَدِيْثُ مَنْ زَارَ قَبْرَ وَالِدَيْهِ أَوْ أَحَدِهِمَا يَوْمَ الْجُمْعَةِ فَقَرَأَ يس غُفِرَ لَهُ (عد) مِنْ حَدِيْثِ عَائِشَةَ وَفِيْهِ عَمْرٌو بْنُ زِيَادٍ (تُعُقِّبَ) بِأَنَّ لَهُ شَاهِدًا مِنْ حَدِيْثِ أَبِيْ هُرَيْرَةَ بِلَفْظِ مَنْ زَارَ قَبْرَ أَبَوَيْهِ أَوْ أَحَدِهِمَا كُلَّ جُمْعَةٍ غُفِرَ لَهُ وَكُتِبَ بَارًّا أَخْرَجَهُ الطَّبْرَانِي فِي اْلأَوْسَطِ وَالصَّغِيْرِ وَفِيْهِ عَبْدُ الْكَرِيْمِ بْنُ أُمَيَّةَ وَهُوَ ضَعِيْفٌ وَمِنْ مُرْسَلِ مُحَمَّدِ بْنِ النُّعْمَانِ أَخْرَجَهُ ابْنُ أَبِي الدُّنْيَا فِي كِتَابِ الْقُبُوْرِ وَمِنْ طَرِيْقِهِ الْبَيْهَقِي فِي الشُّعَبِ (قُلْتُ) وَجَاءَ مِنْ حَدِيْثِ أَبِي بَكْرٍ أَخْرَجَهُ ابْنُ النَّجَّارِ فِي تَارِيْخِهِ وَذَكَرَهُ السُّيُوْطِي فِي الدُّرِّ الْمَنْثُوْرِ وَلَمْ يَحْكُمْ عَلَيْهِ بِشَيْءٍ وَاللهُ تَعَالَى أَعْلَمُ (تنزيه الشريعة المرفوعة لابن عرّاق الكناني 2 / 373)
"Hadis 'Barangsiapa berziarah ke makam kedua orang tuanya atau salah satunya pada hari Jumat kemudian membaca Yasin, maka ia akan diampuni', diriwayatkan oleh Ibnu 'Adi dari Aisyah, di dalam sanadnya ada 'Amr bin Ziyad. (Hadis ini dikoreksi ulang) yang ternyata memiliki hadis penguat dari Abu Hurairah: 'Barangsiapa berziarah ke makam kedua orang tuanya atau salah satunya setiap Jumat, maka akan diampuni dan dicatat sebagai anak yang berbakti', hadis riwayat al-Thabrani dalam al-Ausath dan al-Shaghir, tetapi dalam sanadnya terdapat Abdulkarim bin Umayyah, ia dlaif, dan dari riwayat Ibnu Abi al-Dunya dalam al-Qubur secara mursal dari Muhammad bin Nu'man, jalur ini juga diriwayatkan oleh al-Baihaqi dalam Syu'ab al-Iman. Saya (Ibnu 'Arraq) berkata: Ada pula hadis dari Abu Bakar yang diriwayatkan oleh Ibnu al-Najjar dalam Tarikhnya dan disebutkan oleh al-Suyuthi dalam tafsir al-Durr al-Mantsur tanpa memberi penilaian sedikitpun, Wallahu A'lam" (Ibnu 'Arraq dalam Tanzih al-Syari'ah II/373)

عَنْ أَبِي بَكْرٍ قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ مَنْ زَارَ قَبْرَ وَالِدَيْهِ فِي كُلِّ جُمْعَةٍ أَوْ أَحَدِهِمَا فَقَرَأَ عِنْدَهُمَا أَوْ عِنْدَهُ يس غُفِرَ لَهُ بِعَدَدِ ذَلِكَ آيَةً أَوْ حَرْفًا (رواه ابو الشيخ في طبقات المحدثين بأصبهان 3 / 201 والحافظ جلال الدين السيوطي في الدر المنثور 12 / 319 والعلامة العيني في عمدة القاري شرح صحيح البخاري 4 / 497 والمناوي في التيسير بشرح الجامع الصغير 2 / 814 وقال اسناده ضعيف)
"Diriwayatkan dari Abu Bakar, ia berkata: Saya mendengar Rasulullah Saw bersabda: Barangsiapa berziarah ke makam kedua orang tuanya atau salah satunya setiap Jumat, kemudian membaca Yasin di dekatnya, maka ia akan diampuni sesuai bilangan ayat atau huruf" (HR Abu al-Syaikh dalam Thabaqat al-Muhadditsin III/201, al-Hafidz Jalaluddin al-Suyuthi dalam tafsir al-Durr al-Mantsur XII/319, Badruddin al-Aini dalam 'Umdat al-Qari Syarah Sahih al-BukhariIV/497 dan al-Munawi dalam al-Taisir Syarah al-Jami' al-Shaghir II/814, ia berkata: Sanadnya dlaif)

Catatan: Kendatipun Beberapa hadis diatas ada yang dlaif, namun diperbolehkan diamalkan dalam Fadlail A’mal, karena sesuai dengan hadis-hadis sahih tentang perintah ziarah kubur.
Previous
Next Post »