HUKUM MEMBACA SURAT AL-QUR'AN SECARA TERBALIK



Pertanyaan :
Assalamualaikum...
Bolehkah membaca surat alqur'an dari belakang, maksutnya di mulai dari ayat yang terakhir, di balik ayat yang pertama jadi yang terakhir? Syukron.
Jawaban :
Wa'alaikum salam warohmatullohi wabarokatuh

Membaca surat al-qur’an dengan terbalik, sehingga ayat yang akhir menjadi ayat yang awal dan ayat yang awal menjadi ayat yang akhir itu tidak diperbolehkan dengan kesepakatan ulama’. Alasannya sebab hal tersebut akan menghilangkan beberapa kemu’jizatan dari al-qur’an dan juga menghilangkan hikmah dari urutan susunan al-qur’an.

Diriwayatkan dari Imam Ibrohim An-Nakho’i, imamnya para tabi’in, dan juga dari Imam Malik -rohimahumalloh- bahwa beliau berdua membenci cara membaca al-qur’an dengan terbalik seperti itu, Imam Malik mengatakan; “Itu adalah perbuatan keterlaluan”.

Selain itu, diriwayatkan pula, seorang lelaki bertanya pada Ibnu Mas’ud rodhiyallohu ‘anhu;

يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ أَرَأَيْتَ رَجُلًا يَقْرَأُ الْقُرْآنَ مَنْكُوسًا؟ قَالَ: ذَلِكَ مَنْكُوسُ الْقَلْبِ

“Wahai Abu Abdurrohman, Bagaimana anda menanggapi seorang lelaki yang membaca al-qur’an dengan terbalik?”  Beliau menjawab; “Orang itu terbalik hatinya” (Mu’jam Kabir Lit-Tobroni, no.8846, Mushonnaf Abdurrozaq, no.7947)

Wallohu a’lam.

Referensi :
1. Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzdzab, Juz : 2  Hal : 165
2. At-Tibyan Fi Adabi Hamalati;l Qur’an, Hal : 99
3. Al-Itqon Fi Ulumil Qur’an, Juz : 1  Hal : 378


Ibarot :
Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzdzab, Juz : 2  Hal : 165

وأما قراءة السورة من آخرها إلى أولها فمتفق على منعه وذمه لأنه يذهب بعض أنواع الإعجاز ويزيل حكمة الترتيب

At-Tibyan Fi Adabi Hamalati;l Qur’an, Hal : 99

وأما قراءة السور من آخرها إلى أولها فممنوع منعا متأكدا فإنه يذهب بعض ضروب الاعجاز ويزيل حكمة ترتيب الآيات وقد روى ابن أبي داود عن إبراهيم النخعي الإمام التابعي الجليل والإمام مالك بن أنس أنهما كرها ذلك وان مالكا كان يعيبه ويقول هذا عظيم

Al-Itqon Fi Ulumil Qur’an, Juz : 1  Hal : 378

وأما قراءة السورة من آخرها إلى أولها فمتفق على منعه لأنه يذهب بعض نوع الإعجاز ويزيل حكمة الترتيب. قلت: وفيه أثر أخرج الطبراني بسند جيد عن ابن مسعود أنه سئل عن رجل يقرأ القرآن منكوسا قال: ذاك منكوس القلب

Previous
Next Post »