HUKUM MENAGIH HUTANG

assalamu 'alaikum..

Mau tanya..
"nagih utang hukumnya apa? Bolehkah kita mengambil brg2 milik org yg berhutang lantaran dia tidak membayar-bayar utangnya sampai batas yg tlah ditentukan?

JAWABAN

Ada hadits dikitab irsyadul ibad fasal dain wa mathlil goniy

و ابن حبان و الحاكم
لي الواجد اي مطل القادر علي وفاء دينه يحل عرضه و عقوبته


Bolehkah kita
mengambil brg2 milik org yg berhutang
lantaran dia tidak membayar-bayar utangnya
sampai batas yg tlah ditentukan?
-----

Boleh bila memang yang diberi Hutang/pinjaman diketahui tidak ada niat untuk melunasi seperti menghindar ketika bertemu, atau bersembunyi karena takut ditagih.

وله اي الشخص بلاخوف فتنة عليه او على غيره اخذ ماله استقلالا للضرورة من مال مدين له مقر مماطل به او جاحد له او متواتر او معزز.

إعانة الطالبين ج ٤ ص ٢٤٩

Dan dibolehkannya mengambilHaq kita atau Barang tersebut harus seharga atau satu jenis dengan barang yang di pinjamkan.

او استحق دينا غير ممتنع من ادائه طالبه الى ان قال او على ممتنعمقرا كان اومنكرا اخذ من كاله وان كان له حجة جنس حقه فيملكه ان كان بصفته.

فتح الوهاب ج ٢ ص ٢٢٨

Wallohu A'lamu Bis-syowab.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
24 Februari 2018 pukul 01.06 delete

Saya ingin memberikan semua kemuliaan kepada Yang Maha Kuasa atas apa yang dia gunakan untuk Ibu Rossa dalam hidup saya, nama saya Mira Binti Muhammad dari kota bandung di indonesia, saya adalah seorang janda dengan 2 anak, suami saya meninggal dalam kecelakaan mobil dan Sejak saat itu kehidupan menjadi sangat kejam bagi saya dan keluarga saya dan saya telah mencoba beberapa tahun untuk mendapatkan pinjaman dari bank-bank di Indonesia dan saya ditolak dan ditolak karena saya tidak memiliki agunan dan tidak dapat memperoleh pinjaman dari bank dan saya sangat sedih
Pada hari yang penuh dedakan ini saat saya melewati internet, saya melihat kesaksian Annisa tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ibu Rossa dan saya menghubungi dia untuk bertanya tentang perusahaan pinjaman ibu Rossa dan betapa benarnya pinjaman dari ibu Rossa dan dia mengatakan kepada saya itu benar dan saya menghubungi Ibu Rossa dan setelah mengajukan aplikasi pinjaman saya dan pinjaman saya diproses dan disetujui dan dalam waktu 24 jam saya mendapatkan uang pinjaman saya di rekening bank saya dan ketika saya memeriksa rekening saya, uang pinjaman saya utuh dan saya sangat bahagia dan saya telah berjanji bahwa saya akan membantu untuk memberi kesaksian kepada orang lain tentang perusahaan pinjaman ibu rossa, jadi saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada siapa saja yang membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Rossa melalui email: rossastanleyloancompany@gmail.com dan Anda Bisa juga hubungi saya via email saya: mirabintimuhammed@gmail.com untuk informasi serta teman-teman Annisa Barkarya via email: annisaberkarya@gmail.com

Reply
avatar