BOLEHKAH PUASA 6 HARI DI BULAN SYAWAL BERSELANG-SELING ?


PERTANYAAN :Assalamu'alaikum, saya mau tnya ni, Puasa syawal 6 hari tu puasa'a hrus rntut 6hari pa boleh selang seling??
Mhn jwbn'a, syukron

JAWABAN :
Boleh seling, Tapi yang paling utama adalah langsung/urut.
Wayahshulu ashlussunnati bishoumiha (6 hr) mutafarriqotan walakin shoumuha bilwila'i ay ma'a tawaliha aula min tafriqiha. [Mawahibusshomd hal 73].

Wa'alaikumsalam... Berikut sedikit uraian keistimewaan puasa 6 hari dibulan syawal dan tata caranya :

من شوال كان كصيام الدهر ) فيه دلالة صريحة لمذهب الشافعى وأحمد وداود وموافقيهم في استحباب صوم هذه الستة وقال مالك وأبو حنيفة يكره ذلك قال مالك في الموطأ ما رأيت أحدا من اهل العلم يصومها قالوا فيكره لئلا يظن وجوبه ودليل الشافعى وموافقيه هذا الحديث الصحيح الصريح واذا ثبتت السنة لا تترك لترك بعض الناس أو أكثرهم أو كلهم لها وقولهم قد يظن وجوبها ينتقض بصوم عرفة وعاشوراء وغيرهما من الصوم المندوب قال أصحابنا والأفضل أن تصام الستة متوالية عقب يوم الفطر فان فرقها أو أخرها عن أوائل شوال إلى اواخره حصلت فضيلة المتابعة لأنه يصدق أنه أتبعه ستا من شوال قال العلماء وانما كان ذلك كصيام الدهر لان الحسنة بعشر امثالها فرمضان بعشرة أشهر والستة بشهرين وقد جاء هذا في حديث مرفوع في كتاب النسائي وقوله صلى الله عليه و سلم ( ستا من شوال ) صحيح ولو قال ستة بالهاء جاز أيضا قال أهل اللغة يقال صمنا خمسا وستا )

Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa berpuasa penuh di bulan Ramadhan lalu menyambungnya dengan (puasa) enam hari di bulan Syawal, maka (pahalanya) seperti ia berpuasa selama satu tahun." (HR. Muslim)

Dalil ini yang dibuat pijakan kuat madzhab syafi’i, Ahmad Bin hanbal dan Abu Daud tentang kesunahan menjalankan puasa 6 hari dibulan syawal, sedang Abu hanifah memakruhkan menjalaninya dengan argument agar tidak memberi prasangka akan wajibnya puasa tersebut...

Para pengikut kalangan syafi’i menilai yang lebih utama menjalaninya berurutan secara terus-menerus (mulai hari kedua syawal) namun andaikan dilakukan dengan dipisah-pisah atau dilakukan diakhir bulan syawal pun juga masih mendapatkan keutamaan sebagaimana hadits diatas.

Ulama berkata “alasan menyamainya puasa setahun penuh berdasarkan bahwa satu kebaikan menyamai sepuluh kebaikan, dengan demikian bulan ramadhan menyamai sepuluh bulan lain, dan 6 hari dibulan syawal menyamai dua bulan lainnya (6x10=60=2 bulan). [Syarh nawaawi ‘ala Muslim VIII/56]. Wallaahu A'lamu Bis Showaab.
TATA CARA PUASA SYAWAL

Sehubungan seringnya kami menyetujui post menanyakan tentang puasa Syawal, maka perlu kami jelaskan secara singkat mengenai hal terkait. Bagaimana cara mengerjakan puasa Syawal bagi mereka pada bulan Ramadhan sempat tidak puasa ?

1. Bagi orang yang tidak puasa Ramadhan tanpa udzur maka wajib dia segera mengqadla'. Haram baginya puasa sunnah sebelum mengqadla'. Setelah qadla', menurut Imam Ibnu Hajar ia tetap tidak dapat kesunnahan puasa Syawal. Sedang menurut Imam Romli tetap disunahkan baginya puasa syawal.

2. Bagi yg tidak puasa Ramadhan karena udzur maka yang paling utama ia qadla' dulu karena adanya pendapat yang kuat yang menyatakan jika ia belum qadla' maka puasa Syawalnya tidak mendapatkan pahala.

Bisa pula digabungkan niatnya antara qadla' Ramadhan dan sunnah Syawal karena yg demikian sah dan mendapat pahala keduanya menurut Imam Ramli. Pendapat iman Ramli ini bertentangan dengan Imam Abu Mahromah. Karena menurut Imam Abu Mahromah penggabungan niat antara puasa Qadha Ramadhan dan puasa Syawal menyebabkan puasanya tidak sah.

Yang lebih utama puasa Syawal ini dilakukan menyusul usainya puasa Ramdhan (sejak tgl 2 Syawal). Boleh pula dilakukan kapan saja selama masih bulan Syawal. Dan waktunya habis dengan lewatnya bulan Syawal. Namun demikian puasa sunnah Syawal ini boleh diqadha' di bulan yang lain.
[ Disarikan dari Dokument PISS ditambah dari Musyawarah anggota Mujaawib ].

Referensi :

hasyiyah jamal berikut (8/329):

(قَوْلُهُ: لِخَبَرِ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إلَخْ) ظَاهِرُ الْخَبَرِ أَنَّ الثَّوَابَ الْمَذْكُورَ خَاصٌّ بِمَنْ صَامَ رَمَضَانَ وَلَا يَقْتَضِي عَدَمَ اسْتِحْبَابِ صَوْمِهَا لِمَنْ لَمْ يَصُمْ رَمَضَانَ بِعُذْرٍ وَلَيْسَ كَذَلِكَ بَلْ هُوَ مُسْتَحَبٌّ فَإِنْ لَمْ يَصُمْهُ تَعَدِّيًا حَرُمَ عَلَيْهِ صَوْمُهَا عَنْ غَيْرِ رَمَضَانَ لِوُجُوبِ الْقَضَاءِ عَلَيْهِ فَوْرًا ا هـ. ح ل. وَعِبَارَةُ شَرْحِ م ر قَضِيَّةُ كَلَامِ التَّنْبِيهِ وَكَثِيرِينَ أَنَّ مَنْ لَمْ يَصُمْ رَمَضَانَ لِعُذْرٍ أَوْ سَفَرٍ أَوْ صِبًا أَوْ جُنُونٍ أَوْ كُفْرٍ لَا يُسَنُّ لَهُ صَوْمُ سِتَّةٍ مِنْ شَوَّالٍ. قَالَ أَبُو زُرْعَةَ وَلَيْسَ كَذَلِكَ أَيْ بَلْ يَحْصُلُ أَصْلُ سُنَّةِ الصَّوْمِ وَإِنْ لَمْ يَحْصُلْ الثَّوَابُ الْمَذْكُورُ لِتَرَتُّبِهِ فِي الْخَبَرِ عَلَى صِيَامِ رَمَضَانَ وَإِنْ أَفْطَرَ رَمَضَانَ تَعَدِّيًا حَرُمَ عَلَيْهِ صَوْمُهَا

Minhajul Qawim 348 (listrik) :

(و) صوم (ست من شوال) لمن صام رمضان، لخبر الصحيح: «من صام رمضان ثم أتبعه ستاً من شوال كان كصيام الدهر» ، أما من لم يصم رمضان ولو لعذر فهو ولو سن له صومها على الأوجه لكن لا يحصل له الثواب المذكور لترتبه في الخبر على صيام رمضان

Itsmidul 'Ainain halaman 72 :

مسألة]: يندب صوم ست من شوّال لغير من ترك رمضان بلا عذر اتفاقاً، أما من ترك رمضان بلا عذر فقال (حج) : لا يسن له صوم الست، وقال (م ر) : يسنّ له.

بغية المسترشدين ص 113-114(مسألة: ك): ظاهر حديث: «وأتبعه ستاً من شوّال» وغيره من الأحاديث عدم حصول الست إذا نواها مع قضاء رمضان، لكن صرح ابن حجر بحصول أصل الثواب لإكماله إذا نواها كغيرها من عرفة وعاشوراء، بل رجح (م ر) حصول أصل ثواب سائر التطوعات مع الفرض وإن لم ينوها، ما لم يصرفه عنها صارف، كأن قضى رمضان في شوّال، وقصد قضاء الست من ذي القعدة، ويسنّ صوم الست وإن أفطر رمضان اهـ. قلت: واعتمد أبو مخرمة تبعاً للسمهودي عدم حصول واحد منهما إذا نواهما معاً، كما لو نوى الظهر وسنتها، بل رجح أبو مخرمة عدم صحة صوم الست لمن عليه قضاء رمضان مطلقاً

Nihayatuz Zain 180 (listrik) :

(و) الرابع: صوم (ستة من شوّال) لحديث: «من صام رمضان ثم أتبعه ستاً من شوال كان كصيام الدهر» . ولقوله أيضاً: «صيام رمضان بعشرة أشهر، وصيام ستة أيام بشهرين فذلك صيام السنة» أي كصيامها فرضاً، وتحصل السنة بصومها متفرّقة منفصلة عن يوم العيد لكن تتابعها واتصالها بـيوم العيد أفضل وتفوت بفوات شوّال، ويسنّ قضاؤها.
 

Previous
Next Post »