POLITIK UANG DALAM PILKADA


PERTANYAAN :

Suatu hari di salah satu ruangan di gedung MPR/DPR. Seorang anggota dewan yang baru diangkat, tampak masih canggung, lugu dan serba kikuk.Rupanya dia wakil dari daerah dan belum pernah bekerja atau punya ruangan yang megah. Beberapa saat kemudian, ada yang mengetuk pintu ruangannya.Setelah dibuka, berdiri dihadapannya 2 orang dengan kopor besar dan segulungan kabel. "Wah..., ini pasti wartawan TV yg mau mewawancarai aku...", pikirnya dalam hati.Agar tampak berwibawa dan membela rakyat, sambil melihat jam dan mengangkat telepon dia berkata: "Maaf tunggu sebentar, saat ini saya harus menghubungi ketua fraksi untuk melaporkan hasil-hasil sidang hari ini..."Kemudian selama beberapa puluh menit dia menelpon dan terlibat pembicaraan tingkat tinggi, sambil sekali-sekali menyebut-nyebut 'demi rakyat' atau 'kepentingan rakyat' keras-keras. Setelah selesai sambil meletakan gagang telepon dia berkata pada dua orang tamunya tsb."Nah, sekarang wawancara bisa kita mulai..."Kedua orang itu tampak bingung dan berpandangan satu sama lain. Akhirnya salah satunya berkata: "Maaf pak..., kami datang kesini mau memasang saluran telepon bapak...

pertanyaan

1= misalkan sebelum coblosan ada pembagian uang,kaos dan sembako,,apakah status pemberian tersebut?
2=misalkan kita tidak mencoblos orang yg ngasih,apakh berdosa?3=apa hukum ikut pada pencoblosan?

JAWABAN :

Politik Uang Dalam Pilkada
Deskripsi masalah:
Pilihan kepala daerah secara langsung merupakan wujud nyata hidupnya sistem demokratis. Akan tetapi di samping itu juga semakin menyuburkan budaya politik uang, tidak hanya di kalangan para elit saja, tetapi juga masyarakat pemilihnya. Di masyarakat ada kecenderungan bahwa mereka kalau tidak di beri uang dari pasangan cabub/cawabub maupun cawali/cawawali tidak mau memilihnya. Ada suatu hadits sebagaimana berikut ini :

سنن البيهقي الكبري ج : 5 ص : 33010577 عن ابي هريرة قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ثم ثلاثة لا يكلمهم الله ولا يزكيهم ولهم عذاب اليم رجل بايع سلعة بعد العصر فحلف له بالله لأخذها بكذا وكذا فصدقة فأخذها وهو ذلك ورجل بايع اماما لايبايع الا للدنيا فان اعطاه منها وفى وان لم يعطه منها لم يف له ورجل على فضل ماء بالفلاة فيمنعه من ابن السبيل رواه مسلم في الصحيح عن ابن ابي شيبه عن ابي معاوية. ورجل بايع اماما لايبايعه الا للدنيا فان اعطاه منها نصره وان لم يعطه سخط (رواية اخرى). رجل بايع اماما للدنيا فان اعطاه وفى وان منعه نكث (رواية اخرى).

Pertanyaan :
Apakah memilih karena uang seperti digambarkan di atas termasuk yang dimaksud dalam hadits: ورجل بايع اماما لايبايعه الا للدنيا فان اعطاه منها وفى وان لم يعطه منها لم يف له. Jika tidak, apa maksud sebenarnya dari hadits diatas ?

BM Sidogiri 2005

Jawaban:

Melihat substansi dari pilkada sama dengan baiat al-imam, yakni mengangkat seorang pemimpin untuk menegakkan kebenaran dst, maka masalah ini (memilih karena uang) termasuk dalam hadits tersebut. Sudah terjawab dengan sendirinya.

Referensi :
Faidl al-qadir Syarh al-Jami’ al-Shaghir, 3/435 ta’lif al-Imam Muhammad Abdurrauf al-Manawi (cetakan darul kutub al-Ilmiah)Fath al-Bari, 13/216 (Kitab al-Ahkam) karya Imam al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani, cetakan dar al-Bayan BeirutUmdah al-Qari Syarh Sahih Bukhari, 12/279-280

Ibarat :

فيض القدير 3/435 الإمام محمد عبد الرؤف المناوي (دار الكتب العلمية بيروت) (قال الخطابي) والأصل فى مبايعة الإمام أن يبايعه أن يعمل بالحق ويقيم الحدود ويأمر بالمعروف وينهى عن المنكر فمن جعل مبايعته لما يعطاه دون ملاحظة المقصود فقد دخل في الوعيد (حم ق 4 عن أبي هريرة) اهـعمدة القاري شرح صحيح بخاري للإمام بدرالدين أبي محمد محمود بن أحمد العيني 12/279-280 (دار الكتب العلمية)حدثنا موسى بن اسماعيل قال حدثنا عبد الواحد بن زياد عن الأعمش قال سمعت أبا صالح يقول سمعت أبا هريرة رض يقول قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ثلاثة لاينظر الله اليهم يوم القيامة ولايزكيهم ولهم عذاب اليم رجل كان له فضل ماء بالطريق فمنعه من إبن السبيل ورجل بايع إماما لايبايعه إلا للدنيا فإن أعطاه منها رضي وإن لم يعطه سخط –الى ان قال- وقوله "رجل"اي الثاني من الثلاثة رجل بايع إماما المراد هو الإمام الأعظم وهذا هكذا في رواية الكشميهني ، وفي رواية غيره بايع إمامه والمراد من المبايعة هنا هو المعاقدة عليه والمعاهدة فكان كل واحد منهما باع ماعنده من صاحبه وأعطاه خالصة نفسه وطاعته ودخيلة أمره.

‎12. الأحكام السلطانية صـ 4(فصل) فإذا ثبت وجوب الإمامة ففرضها على الكفاية كالجهاد وطلب العلم فإذا قام بها من هو من أهلها سقط فرضها على الكفاية وإن لم يقم بها أحد خرج من الناس فريقان أحدهما أهل الاختيار حتى يختاروا إماما للأمة والثاني أهل ا
لإمامة حتى ينتصب أحدهم للإمامة وليس على من عدا هذين الفريقين من الأمة في تأخير الإمامة حرج ولا مأثم وإذا تميز هذان الفريقان من الأمة في فرض الإمامة وجب أن يعتبر كل فريق منهما بالشروط المعتبرة فيه

Wallaahu A'laamu Bis Showaab

Previous
Next Post »