AROMA BAYI BERASAL DARI AROMA WANGI SYURGA



PERTANYAAN :

assalamu'alaikum...benarkah ada sabda nabi muhammad yg menyatakan bahwa bau baby ( bayi) wangi karna berasal dr syurga?


JAWABAN :

 dalam kitb Faidhul Qadir, syarah al jaami' ash Shaghir 4/55, syamilah:

ريح الولد من ريح الجنة) يحتمل أن ذلك في ولده خاصة فاطمة وابنيها لأن في ولدها طعم ثمار الجنة بدليل خبر الولد الصالح ريحانة من رياحين الجنة ومنه قيل لعلي أبو الريحانتين ويحتمل أن المراد كل ولد صالح للمؤمن لأنه تعالى خلق آدم في الجنة وغشى حواء فيها وولد له فيها فبنو آدم من نسلها ولهذا قال ابن أدهم : نحن من أهل الجنة سبانا إبليس بالخطيئة فهل للأسير من راحة إلا أن يرجع إلى ما سبي منه ؟ فريح الولد من ريح الجنة لأنه أقرب إليها من أبيه ولم يتدنس بعد بالخطايا والمراد أن الولد كسب الرجل والكسب الطيب والعمل الصالح مقدمة الجنة وهو الزاد إليها (نكتة) قيل لحكيم : أي الريح أطيب قال : ريح ولد أربه وبدن أحبه.


 (طس) وكذا في الصغير (عن ابن عباس) قال الهيثمي : رواه عن شيخه محمد بن عثمان بن سعيد وهو ضعيف وقال شيخه الزين العراقي : رواه الطبراني في الأوسط والصغير وابن حبان في الضعفاء عن ابن عباس وفيه مندل بن علي ضعيف اه.
وأقول : رواه أيضا البيهقي في الشعب وفيه مندل المذكور.

Wallaahu A'lam

=====

Berikut beberapa kitab yang menerangkan keberdaan hadits diatas, semoga berkenan...

13488 ـ وعن ابن عبّاس قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلّم: «رِيْحُ الوَلَدِ مِنْ رِيحِ الجَنَّةِ ». رواه الطبراني في الصغير والأوسط، عن شيخه محمد بن عثمان بن سعيد، وهو ضعيف.

Diriwayatkan dari Ibn Abbas ra, ia berkata : Rasulullah SAW bersabda :
“Aroma anak berasal dari aroma wangi surga” (HR. At-Thobrony dalam as-Shaghir 13488 dan dalam al-Ausaath dari guru beliau Muhammad Bin Utsman Bin Said, hadits dhoif.
Mujma’ az=Zawaahid VIII/286

12599)_ قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلّم: «رِيحُ الْوَلَدِ مِنْ رِيحِ الْجَنَّةِ » (طس) عن ابن عبَّاسٍ رضيَ اللَّهُ عنهُمَا.

Nabi SAW bersabda :
“Aroma anak berasal dari aroma wangi surga” (HR. At-Thobrony dari Ibn Abbas ra)
Jaami’ al-Masaanid wa al-Marasil IV/430

6645) ـ رِيحُ الوَلَدِ مِنْ رِيحِ الـجَنَّةِ (طس) عن ابن عبـاس.

Nabi SAW bersabda :
“Aroma anak berasal dari aroma wangi surga” (HR. At-Thobrony dari Ibn Abbas ra)
al-Fath al-Kabiir II/137

6645) ـ رِيحُ الوَلَدِ مِنْ رِيحِ الـجَنَّةِ (طس) عن ابن عبـاس.

Nabi SAW bersabda :
“Aroma anak berasal dari aroma wangi surga” (HR. At-Thobrony dari Ibn Abbas ra)
ad Durar al-Munatstsarah I/176

6645) ـ رِيحُ الوَلَدِ مِنْ رِيحِ الـجَنَّةِ (طس) عن ابن عبـاس.

Nabi SAW bersabda :
“Aroma anak berasal dari aroma wangi surga” (HR. At-Thobrony dari Ibn Abbas ra)
Kanz al-‘Amal I/3355

حديث "ريح الولد ريح الجنة" 
أخرجه الطبراني في الصغير والأوسط وابن حبان في الضعفاء من حديث ابن عباس وفيه مندل بن علي ضعيف.

Nabi SAW bersabda :
“Aroma anak berasal dari aroma wangi surga” (HR. At-Thobrony dalam as-Shaghir dan al-Ausaath)
Ibn Hibban menggolongkannya pada hadits-hadits lemah yang berasal dari Ibn Abbas, didalam sanadnya terdapat Mindil Bin Ali
Tahriij Ahaadits al-Ihyaa’ 

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "الولد ريحانة من الجنة". وقال الفضل: ريح الولد من الجنة. وكان يقال: ابنك ريحانتك سبعاً ثم حاجبك سبعاً، ثم عدو أو صديق.

Nabi SAW bersabda :
“Aroma anak berasal dari aroma wangi surga” (HR. At-Thobrony dalam as-Shaghir dan al-Ausaath)
al-Fadhl berkata “Aroma wangi anak berasal dari surga”
Dikatakan “Anakmu adalah aroma surgamu diusia 7 tahun, kemudian menjadi alismu diusia 7 tahun berikutnya dan menjadi musuh atau teman baikmu setelahnya.’’
AL-Mustathrof fii Kulli Fan Mustadhrof Hal 4

 Lanjutan dan sedikit pengertiannya :

وعن النبي صلى الله عليه وسلم ريح الولد من ريح الجنة وفي ربيع الأبرار عن النبي صلى الله عليه وسلم الولد ريحان من الجنة عن النبي صلى الله عليه وسلم الولد في الدنيا سرور وفي الآخرة نور

Nabi SAW bersabda :
“Aroma anak berasal dari aroma wangi surga” (HR. At-Thobrony dalam as-Shaghir dan al-Ausaath)
Dalam Kitab Rabi’ al-Abraar dari Nabi SAW “Nabi SAW bersabda :
“Aroma anak berasal dari aroma wangi surga”
Dari baginda nabi SAW “Didunia anak adalah kebahagiaan, diakhirat anak adalah cahaya”
Nazhah al-Majaalis V/5


( عن أبي هريرة ) بأسانيد ضعيفة لكن بعضها يقوى بعضاً
( ريح الولد من ريح الجنة ) يحتمل أنه في ولده فقط فاطمة وأبناها وأن المراد ولد كل مؤمن لأنه تعالى خلق آدم في الجنة وغشى حواء فيها وولد له فريح الجنة يسرى إلى المولود من ذلك ( طس عن ابن عباس ) بإسناد ضعيف

Diriwayatkan dari Abu Hurairah dengan sanad yang dhoif namun sebagian sanad menguatkan lainnya, Rasulullah SAW bersabda :
“Aroma anak berasal dari aroma wangi surga”
Yang dikehendaki hadits ini kemungkinan tertentu pada anak beliau saja, Fathimah dan keturunannya, namun bisa jadi maksud beliau adalah setiap anak dari orang mukmin karena Allah Ta’aala menjadikan Nabi Adam As dan menyelubungi Hawa dalam surga, saat mereka dikarunia putera maka aroma surgawi mengalir disetiap keturunan mereka. (HR. At-Thobrony dari Ibn Abbas ra) dengan sanad yang dhoif.
At-Taysiir Bi Syarh al-Jaami’ as-Shaghiir II/72

(ريح الولد من ريح الجنة) يحتمل أن ذلك في ولده خاصة فاطمة وابنيها لأن في ولدها طعم ثمار الجنة بدليل خبر الولد الصالح ريحانة من رياحين الجنة ومنه قيل لعلي أبو الريحانتين ويحتمل أن المراد كل ولد صالح للمؤمن لأنه تعالى خلق آدم في الجنة وغشى حواء فيها وولد له فيها فبنو آدم من نسلها ولهذا قال ابن أدهم : نحن من أهل الجنة سبانا إبليس بالخطيئة فهل للأسير من راحة إلا أن يرجع إلى ما سبي منه ؟ فريح الولد من ريح الجنة لأنه أقرب إليها من أبيه ولم يتدنس بعد بالخطايا

“Aroma anak berasal dari harum surga”
Yang dikehendaki hadits ini kemungkinan tertentu pada anak beliau saja, Fathimah dan keturunannya berdasarkan hadits “Anak shalih adalah wewangian dari aroma-aroma surga” sebab itu Ali Bin Abu Thalib disebut “ABU RAIHANATIN (bapaknya aroma-aroma wangi), namun bisa jadi maksud beliau adalah setiap anak dari orang mukmin karena Allah Ta’aala menjadikan Nabi Adam As dan menyelubungi Hawa dalam surga, saat mereka dikarunia putera maka aroma surgawi mengalir disetiap keturunan mereka sebab itu Ibrahim Bin Adham pernah berkata :
“Kami adalah ahli surga hanya saja Iblis mengasingkan kami dengan kesalahan, adakah bagi seorang tahanan tersisa waktu luang untuk berusaha keluar melepaskan diri pengasingannya ?”,
Maka aroma anak berasal dari wangi surga karena ia lebih dekat surga ketimbang bapaknya dan dosa-dosa tidak menjadikannya ternodai setelahnya.
Faidh al-Qadiir IV/55
Wallaahu A’lamu Bis Showaab
Previous
Next Post »