BOLEHKAH AQIQAH SELAIN HEWAN KAMBING ?



PERTANYAAN

MASALAH:
Kita tahu aqiqah adalah slh satu sunnah yg sngt di anjurkan Rosululloh SAW, 1 kambing untk bayi prempuan & 2 kmbng untk by laki2. Berbeda dng kbnyakan msyarakat di sekitr tmpt tinggl sy, b'hubung undg aqiqahny bnyk, t'kadang yq di potong 1 ekr kerbau/sapi, spy bisa m'cukupi kpd undg.
Pertanyaan:
1.Bolehkah b'aqiqah dg slain kambing? (sapi/kerbau bg yg mampu)
2.Bgmana jika sebalikny, b'aqiqah dg ayam/bebek (bg yg tdk mampu)?
Monggho pencerahanny...

JAWABAN
  At-Tajrid li-Naf'il Abid - Al Bujairami

قوله:، وحصول السنة بشاة) أي: فلا تحصل بغير ذلك من غير النعم والظاهر أنه يجزئ كل من البقرة، والناقة عن سبعة كما في الأضحية شرح م ر
"perkataan mushannif "dan bisa memperoleh kesunnahan dengan kambing" yakni maka tidak hasil (tidak memperoleh pahala kesunnahan, penj) dengan selain yang demikian seperti selain binatang ternak, sedangkan dhahirnya sesungguhnya dapat di terima (mencukupi) setiap yang berupa sapi dan onta untuk 7 (orang) sebagaimana pernjelasan Imam Ramli tentang korban "

**Mim Ra' = Imam Ramli, kalau khilaf ruju' .

berakikah dengan sapi, kerbau atau unta juga boleh, aturannya sama seperti halnya qurban. jadi satu sapi bisa dijadikan akikah untuk satu orang atau maks 7 orang. AlBujairomi.
tambahan keterangan sebagai berikut : 

وعن ابن عباس يكفي اراقة الدام ولو من دجاج او أوز وكان الشيخ محمد
الفضالي يأمر الفقير بتقليده ويقاس على الأضحية العقيقة فيجوز لمن لم يقدر على ثمن الشاة ان يعق ولده بالديكة على مذهب ابن عباس كما قاله الشيخ محمد الفضالي اهـ .
(توشيخ ابن قاسم 270 )

Previous
Next Post »