Fatwa Syaikh Bin Baz Tentang Selametan Untuk Orang Tua Yang Sudah Wafat


عشاء الوالدين
نسمع كثيرا عن عشاء الوالدين أو أحدهما وله طرق متعددة فبعض الناس يعمل عشاء خاصة في رمضان ويدعو له بعض العمال والفقراء وبعضهم يخرجه للذين يفطرون في المسجد وبعضهم يذبح ذبيحة ويوزعها على بعض الفقراء وعلى بعض جيرانه فإذا كان هذا العشاء جائزا فما هي الصفة المناسبة له ؟
ج الصدقة للوالدين أو غيرهما من الأقارب مشروعة ؛ لقول « النبي صلى الله عليه وسلم لما سأله سائل قائلا هل
بقي من بر أبوي شيء أبرهما به بعد موتهما ؟ قال نعم الصلاة عليهما والاستغفار لهما وإنفاذ عهدهما من بعدهما وإكرام صديقهما وصلة الرحم التي لا توصل إلا بهما » (رواه الإمام أحمد برقم (15629) ، وأبو داود برقم (5142)ولقوله صلى الله عليه وسلم : « إن من أبر البر أن يصل الرجل أهل ود أبيه » (رواه مسلم برقم ( 2552 )) « وقوله صلى الله عليه وسلم لما سأله سائل قائلا إن أمي ماتت ولم توص أفلها أجر إن تصدقت عنها ؟ قال النبي صلى الله عليه وسلم نعم » (رواه البخاري برقم(1388) ومسلم برقم (1004)ولعموم قوله صلى الله عليه وسلم : « إذا مات ابن آدم انقطع عمله إلا من ثلاث صدقة جارية أو علم ينتفع به أو ولد صالح يدعو له » (رواه الإمام أحمد برقم ( 8627 ) ومسلم في (الوصيةبرقم ( 1631 )) .
وهذه الصدقة لا مشاحة في تسميتها بعشاء الوالدين ، أو صدقة الوالدين سواء كانت في رمضان أو غيرهماوفق الله الجميع لما يرضيه . (مجموع فتاوى ابن باز 13/ 253)
Hidangan Untuk Kedua Orang Tua” (Selametan)
Pertanyaan:
Kami sering mendengar tentang “Hidangan Untuk Kedua Orang Tua”. Caranya bermacam-macam. Sebagian ada yang melakukannya secara khusus di bulan Ramadlan dengan mengundang para pekerja dan orang miskin. Sebagian lagi melakukannya berbentuk hidangan berbuka puasa di masjid. Sebagian lagi melakukannya dengan menyembelih hewan yang disebarkan kepada orang miskin dan tetangga. Jika ‘hidangan’ ini diperbolehkan, apa sebenarnya bentuk yang sesuai untuk hal ini?
Jawab:
Sedekah untuk kedua orang tua ataupun untuk orang lain adalah sesuai dengan syariat. Sesuai dengan hadis, ketika ada sahabat bertanya: “Adakah kewajiban saya untuk berbakti kepada kedua orang tua saya setelah keduanya wafat?” Rasulullah menjawab: “Ya, yaitu mendoakan keduanya, memintakan ampunan untuk keduanyan, melakukan wasiat keduanya, memuliakan sahabatnya, dan bersilaturrahmi kepada keluarga keduanya” (HR Ahmad dan Abu Dawud) Dan sabda Nabi: “Diantara berbakti kepada orang tua adalah menyambung keluarga yang dicintai oleh ayahnya” (HR Muslim). Dan hadis ketika ada sahabat bertanya: “Ibu saya meninggal dan dia tidak berwasiat. Apakah ia akan mendapatkan pahala jika saya bersedekah atas nama ibu saya? Rasulullah Saw menjawab: “Ya” (HR Bukhari dan Muslim). Dan keumuman hadis Nabi: “Jika anak Adam mati, maka terputuslah amalnya kecuali 3. Yaitu sedekah jariyah, ilmu yang manfaat dan anak shaleh yang mendoakannya” (HR ahmad dan Muslim)
Sedekah ini tidak masalah disebut ‘hidangan kedua orang tua’, atau ‘sedekah orang tua’, baik di bulan Ramadlan ataupun yang lain (Kumpulan Fatwa Bin Baz 13/253)
Nah, kalau begitu tidak ada bedanya antara ‘Asya’ al-Walidain yang difatwakan oleh Syaikh Bin Baz dengan tradisi di Indonesia baik, haul, selametan 7 hari, 40 hari, 100 hari dan seterusnya. Sebab tradisi tersebut sebenarnya adalah mendoakan dan bersedekah atas nama keluarga yang telah wafat. Bahkan tradisi ini juga berlangsung di Arab dan diperbolehkan oleh fatwa ulama Wahabi….
Previous
Next Post »