HUKUM GHIBAH YANG DI PERBOLEHKAN

 

Assalamu'alykm

1:boleh kah qt membuka aib se"orng

2:jk g boleh gmnkh se"orng yg bekrja sebagai wartawan yg selalu memberi keterangn lwt media masa

3:apkh soal no 2 di atas sm dengn membuka aib se"orng
monggo suntikanx
mhn srtkn ibarohx



JAWABAN :

tp klo gak slh di Adzkar Nawawi ada ket. blh ghibah:
1. teraniaya
2. ingin merubah kemungkaran kpd kebaikan
3. ingin meminta nasehat
4. memberi peringatan kpd kaum muslimin
5. kesalahan yg terang2an dilakukan
6. memberi julukan yg membuatnya lbh dikenal spt: si buntung, si pecak, dll


padadasarnya, menyiarkan, memenonton,atau mendengarkan acara apapun yang
mengungkap serta membeberkan kejelekan seseorang adalah haram, kecuali
didasari tujuan yang dibenarkan secara syar'i
Allah SWT berfirman:
"wahai orang-orang yang beriman,jauhilah Sebagian prasangka,itu adalah dosa
dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah
sebagian kamu menggunjing sebagian yang lain.sukakah salah seorang di
antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati,maka tentulah kamu
akan merasa jijik. dan bertakwalah kepada Allah,sesungguhnya Allah maha
penerima taubat,lagi maha penyayang.
QS.AL-HUJURAT 49:12
Imam Qurtubi memberikan penjelasan tentang firman Allah tersebut:
"Allah memberikan perumpamaan mengenai kejelekan ghibah dengan memakan daging
orang mati karena orang mati tidak mungkin mengetahui kalau dagingnya
sedang dimakan seperti saat ia hidup,tidak mengetahui bahwa dirinya sedang di gunjingkan."
Imam Nawawi memberikan penjelasan:
"ketahuilah
bahwa ghibah itu diperbolehka untuk tujuan yang dibenarkan oleh syariat
dengan catatan tidak ada cara lain selain itu.Ada enam alasan ghibah
diperbolehkan,yang kedua adalah dengan (ghibah itu).ia berusaha mengubah
kemungkaran atau mengalihkan perbuatan maksiat kepada kebaikan.
kitab RIYADLUS SHOLIHIN 432-433

hukum gosip (memuat aib orang lain)adalah haram.kecuali jika tidak dinyatakan
orangnya, atau mereka tergolong orang yang boleh dibuka rahasianya
menurut syara' seperti kafir haroby,atau orang fasiq, yang menampakkan
kefasiq-kannya dengan tujuan agar dengan hal tersebut dapat menjauhkan
masyarakat (para pembaca)dari perbuatan tersebut.
kitab:
I'ANATUT THOLIBIN IV/284
SYARAH SULLAM TAUFIQ HAL. 68
IS'ADUR ROFIQ II/50

I’anatut Tholibin: juz 4:284

وهى

اى الغيبة ذكرك ولو بنحو اشارة غيرك المحصور المعين ولو عند بعض المخاطبين

بما يكره عرفا. (قوله ولو بنحو اشارة) دخل تحت نحو الغمز والكتابة والتعرض

(قوله غيرك) والمراد بالغير ما يعم المسلم والذمى

-إلى أن قال- واما الحربى فليس بمحرم (قوله المحصور المعين) وخرج بذلك غير

المعين كان يذم البخلاء او المتكبرين او المرائين ويتعرض لهم بالتنقيص من

غير تعيين احد منهم فهذا لايعد غيبة، -إلى أن قال- (واعلم) ان اصل الغيبة

الحرمة، وقد تباح لغرض صحيح شرعى لايتوصل اليه الا بها وينحصر فى ستة اسباب

وقد تقدم الكلام عليها لكن يحسن ذكرها هنا ايضا وهى التظلم فلمن ظلم

بالبناء للمجهول ان يشكو لمن يظن ان له قدرة على ازالة ظلم او تخفيفه

والاستعانة على تغيير منكر يذكره لمن يظن قدرته على ازالته -إلى أن قال-

وتحذير المسلمين من الشر ونصحهم كجرح الرواة والشهود والتجاهر وبالفسق

فيجوز ذكر المتجاهر بما تجاهر به دون غيره. اهـ
solusinya adalah mencari pekerjaan lain yang mengandung ridoNya.


1:boleh kah qt membuka aib se"orng

2:jk g boleh gmnkh se"orng yg bekrja sebagai wartawan yg selalu memberi keterangn lwt media masa

3:apkh soal no 2 di atas sm dengn membuka aib se"orng
===============


1.Dasar ghibah haram. namun ketika ia digunakan untuk membuka kedzoliman
sseorang yang dengannya kedzoliman itu bisa dihentikan atau membuat
waspada seseorang, atau keburukan yang dengan dibuka maka selamatlah
orang atu menjadi saksi.
punten yai ibaroh yai ta petik


(واعلم)

ان اصل الغيبة الحرمة، وقد تباح لغرض صحيح شرعى لايتوصل اليه الا بها

وينحصر فى ستة اسباب وقد تقدم الكلام عليها لكن يحسن ذكرها هنا ايضا وهى

التظلم فلمن ظلم بالبناء للمجهول ان يشكو لمن يظن ان له قدرة على ازالة ظلم

او تخفيفه والاستعانة على تغيير منكر يذكره لمن يظن قدرته على ازالته -إلى

أن قال- وتحذير المسلمين من الشر ونصحهم كجرح الرواة والشهود والتجاهر

وبالفسق فيجوز ذكر المتجاهر بما تجاهر به دون غيره. اهـ


2.selama tidak ada unsur sengaja membuka aib, dalam artia ia jadika aib
sebagai barang menghasilkan ung maka haram, namun jika tidak atau dalam
arti ia membuka aib itu untuk memberikan informasi akan keburukannya
supaya rakyat tidak terjebak atau tidak condong kepadanya boleh dan
tidak haram....dasar pekerja sebagai kariyawan adalah mubah
dan yng harus ditekankan adalah terdapatnya fiqih menyikapi media masa agar
merka yang membaca mampu menyikapinya sebab qidah khobar adalah

الكلام من الخبر الذي يحتمل الصدق والكذب إلى الاستخبار الذي لا يحتمل صدقا ولا كذبا

3. tergantung.....
Previous
Next Post »