HUKUM MENCIUM BATU NISAN


Bid'ah Tertolak Amalmu

Minta tolong penjelasan Dari Ibarot ini:


وقال

الإمام محمد بن مرزوق الزعفراني - وكان من الفقهاء المحققين - في كتابه

(في الجنائز): ولا يستلم القبر بيده ولا يقبله. قال: وعلى هذا مضت السنة.
قال أبو الحسن: واستلام القبور وتقبيلها الذي يفعله العوام الآن من
المبتدعات المنكرة شرعاً ينبغي تجنب فعله ويُنهى فاعله


Maz Mujib
Asslamu alaikum kang bid ah@pengambilanxa dri kitab mana..?klo boleh tau

Bid'ah Tertolak Amalmu

Juga yang ini:

    قال أبو موسى وقال الفقهاء المتبحرون الخراسانيون المستحب في زيارة القبور أن يقف مستدبر القبلة مستقبلا وجه الميت يسلم ولا يمسح
    القبر ولا يقبله ولا يمسه فان ذلك عادة النصارى22
    

   

Bid'ah Tertolak Amalmu
pengambilan dari Almajmu' Syarhul Muhadzdzab.

Mungkin Yg menarik dri ibarot di atas adlh istilamul qobri/mashuhu sama taqbilulqobri karna dri ketiga tigaxa(mochammad bin marzuqi,abulhasan,abu musa)beda sudut pandang
ada yg mengatakan madlot assunah(tdk ikut sunnah)
[1]ada yg mengatakan bit ah almunkarah syar an
[2] ada yg mengatakan min adatin nasoro
[3]......nunggu yg lain sambil nyimak.

Jdi klo diambil kesimpulan dri keterangan kang bid ah atau kang mlaku...taqbililqobri(cium batu nisan) dan istilam/mashu lqobri(ngelus2

quburan)itu tdk boleh[ ada 4 :musriq,tdk ikut sunnah,bid ah munkarot sar

an,adatin nasoro]yg mustahab(sunat)klo qt kekuburan adlh
1-istidbarul qiblat(menghadap ketimur)
2-istiqbalu wajhil mayiti(berada di sblh barat batu nisan yg utara) baik itu quburan wali ,org soleh bahkan quburanx nabi.
3-mengucap salam
baik quburanx wali,org soleh,nabi.

الأجوبة الغالية (1/84)

حكم التمسح بالقبور وتقبيلها
... س: ما حكم التمسح بالقبور وتقبيلها ؟
ج: الحكم في ذلك عند أكثر العلماء مكروه فقط، وقال بعضهم: إنه مباح وجائز للتبرك ولم يقل أحد بتحريمهما .
... س: ما الدليل على جواز ذلك ؟
ج:

لأنه لم يرد فيه نهي من الشارع ولا قام الدليل على المنع، وقد رُوي (( أن

بلالاً رضي الله عنه لما زار المصطفى صلى الله عليه وسلم جعل يبكي ويمرغ

خديه على القبر الشريف ))، أن ابن عمر رضي الله عنهما (( كان يضع يده

اليمنى عليه )) ذكر ذلك الخطيب ابن جملة.
و

روى الإمام أحمد بسند حسن عن المُطِّلب بن عبدالله بن حنطب، قال: أقبل

مروان ابن الحاكم فإذا رجل ملتزم القبر فأخذ برقبته، ثم قال: هل تدري ما

تصنع ؟ فأقبل عليه الرجل وقال: نعم، إني لم آت الحَجَر واللَّبِن وإنّما

جئتُ رسول الله صلى الله عليه وسلم، ثم قال المطَّلب: ذلك الرجل هو أبو

أيوب الأنصاري.
(1/85)

وثبت

عن الإمام أحمد بن حنبل رحمه الله أنّه سُئِلَ عن تقبيل قبر النبي صلى

الله عليه وسلم ومنبره، فقال: لا بأس بذلك . ذكره السمهودي في ( خلاصة

الوفا ) .
فَعُلِم

أنه لم يقل أحد من أئمة المسلمين بتحريم تقبيل القبور والتمسح بها فضلاً

عن الشرك والكفر . وإنما اختلفوا في كراهة ذلك ومن زعم خلاف قولهم وحَكَم

على من يفعل ذلك من عوام المسلمين بالشرك فعليه الدليل على دعواه .

Apa

hukum mengusap dan mencium kuburan? Jawab: Hukum mengusap dan mencium

kuburan menurut sebagian besar ulama ialah makruh. Sebagian ulama lain

mengatakan mubah untuk tabarruk. Yang mengatakan haram, tidak ada.

Dalilnya

apa? Dalilnya karena tidak ada larangan syariah dalam hal ini.

Ayat-ayat al-Qur'an dan Hadits juga tidak ada yang mengharamkan.

Diriwayatkan sesungguhnya Bilal -radliyallahu anhu- ketika berziarah ke

makam Rasulullah -shallallahu alayhi wa sallam- menangis dan

mengosok-gosokkan kedua pipinya di atas makam Rasulullah -shallallahu

alayhi wa sallam- yang mulia. Diriwayatkan pula bahwa Abdullah bin Umar

-radhiyallahu anhuma- meletakkan tangan kanannya di atas makam

Rasulullah -shallallahu alayhi wa sallam-. Keterangan ini dijelaskan

oleh Al-Khathib Ibnu Jumlah (lihat kitab Wafa'ul wafa', karya

As-Samhudi, Juz 4 hlm. 1405 dan 1409).

Imam

Ahmad dengan sanad yang baik (hasan) menceritakan dari Al-Mutthalib bin

Abdillah bin Hanthab, dia berkata : "Marwan bin al-Hakam sedang

menghadap ke arah makam Rasulullah -shallallahu alayhi wa sallam-,

tiba-tiba ia melihat seseorang sedang merangkul makam Rasulullah.

Kemudian ia memegang kepala orang itu dan berkata: 'Apakah kau tahu apa

yang kau lakukan?'. Orang tersebut menghadapkan wajahnya kepada Marwan

dan berkata: 'Ya saya tahu! Saya tidak datang ke sini untuk batu dan

bata ini. Tetapi saya datang untuk sowan kepada Rasulullah -shallallahu

alayhi wa sallam-'. Orang itu ternyata Abu Ayyub Al-Anshari

-radliyallahu anhu-. (Diriwayatkan Imam Ahmad, 5;422 dan Al-Hakim,

4;560)

Diceritakan

dari Imam Ahmad bin Hanbal -rahimahullah- bahwa beliau ditanya mengenai

hukum mencium makam Rasulullah -shallallahu alayhi wa sallam- dan

mimbarnya. Beliau menjawab: "Tidak apa-apa". Keterangan disampaikan

As-Samhudi dalam kitab Khulashah al-Wafa.

Dari

sini dapat diketahui bahwa tidak ada seorang ulama dari pada

pemimpin-pemimpin muslimin pun yang berkata haramnya mencium dan

mengusap kuburan, apalagi mengatakan syirik atau kufur. Yang menjadi

perbedaan antara mereka hanya dalam hukum makruh. Barang siapa menyangka

dengan berpendapat yang bertentangan dengan apa yang didawuhkan oleh

ulama-ulama itu dan menghukumi kalangan awam umat Islam dengan hukum

syirik, maka tunjukkanlah dalilnya!".

Sumber: Al-Ajwibah al-Ghaliyah fil firqah an-Najiyah, karya: Al-Habib Zainal Abidin Ba'alawi


Tak Tambahi 'Ibaroh Sak Ndulit :

وتقبيله بدعة مكروهة قبيحة وافتى م ر بعدم الكراهة حيث قصد بتقبيله التبرك اه

قوله

وخرج بتجصيصه تطيينه الى ان قال ويكره ان يجعل على القبر مظلة وان يقبل

التابوت الذي يجعل فوق القبر كما يكره تقبيل الغير واستلامه وتقبيل الاعتاب عند الدحول لزيارة الاولياء نعم ان قصد بتقبيل اضرحتهم اي واعتابهم التبرك لم يكره وهذا هو المعتمد اه

البجيرمي على المنهج ج ١ ص ٤٩٥-٤٩٨


Muhammad Al-Muthohhar

nambah sak ndulit:

Imam Romli menyatakan mandub jika dhorih auliya',,,
dan itu adalah amalnya ulama' dan para salaf...

busyro alkarim:

ﺗﻘﺒﻴﻞ ﺿﺮﺍﺋﺢ ﺍﻻﻭﻟﻴﺎﺀ ﻣﻜﺮﻭﻩ ﻋﻨﺪ ﺍﺑﻦ ﺣﺠﺮ
ﻭﻣﻨﺪﻭﺏ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﺮﻣﻠﻲ

bughyah al-mustarsyidin

ﺍﻟﺘﻤﺴﺢ ﺑﺎﻟﻘﺒﻮﺭ ﻗﺎﻝ ﺍﻻﻣﺎﻡ ﺍﺣﻤﺪ ﻻ ﺑﺄﺱ ﺑﻪ، ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﻄﺒﺮﻱ ﻳﺠﻮﺯ ﻭﻋﻠﻴﻪ ﻋﻤﻞ
ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻭﺍﻟﺼﺎﻟﺤﻴﻦ، ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﻮﻭﻱ ﻳﻜﺮﻩ ﺍﻟﺼﺎﻕ ﺍﻟﻈﻬﺮ ﻭﺍﻟﺒﻄﻦ ﺑﺠﺪﺍﺭ ﺍﻟﻘﺒﺮ
ﻭﻣﺴﺤﻪ ﺑﺎﻟﻴﺪ ﻭﺗﻘﺒﻴﻠﻪ ﻗﺎﻝ ﺍﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﺍﻻ ﺍﻥ ﻏﻠﺒﻪ ﺍﺩﺏ ﻭﺣﺎﻝ، ﻭﺭﻭﻱ ﺍﻥ ﺑﻼﻝ
ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﻟﻤﺎ ﺯﺍﺭ ﺍﻟﻤﺼﻄﻔﻰ ﺟﻌﻞ ﻳﺒﻜﻲ ﻭﻳﻤﺮﻍ ﻭﺟﻬﻪ ﻋﻠﻲ ﺍﻟﻘﺒﺮ ﺍﻟﺸﺮﻳ
ﻒ.
Previous
Next Post »