HUKUM SHOLAT BAGI WANITA NIFAS YANG BELUM GENAP 40 HARI

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuuh


Ada seorang wanita yang baru melahirkan,,dan kita tahu bahwa wanita kan mengeluarkan darah setelah melahirkan..

Belum lah sampai masa 40 hari ia sudah mandi keramas dan melakukan

shalat...ketika ditanya dia bilang sudah gak "mimisan" lagi...bahkan dia

pun sdh melakukan (maaf) sex dgn suaminya...
Kita semua tahu itu akan mengganggu kesehatan pada rahim...

Yang saya ingin tanyakan...
Sah atau tidak shalat yang ia lakukan??

Adakah dalil atau hadist yang menerangkan ttg nifas...

Jazzakumulloh bi alif khair atas jawabannya....

^__^

    Setau sy...
    Nifas paling cepat adalah lahdzotan, sektika sewaktu melahirkan itu saja,

    waktu umumnya 40 hari, waktu paling lama 60 hari, selebihnya dr 60 hari : istihadzoh.

    Kalau sebelum 40 hari sudah bersih / suci, ya hrs segera mandi hadats besar, sholat sprti biasa...
    Kikuk2 ama suami ya halalan thoyyiban.
    Ini sependek pengertian sy lho ya...

    Dalam mazhab syafii bagi wanita yang nifas kurang dari 40 hari ini berdasarkan qoul suhbi tidak sah salatnya namun ia mendapat pahla atas
apa yang dilakukannya( ini adalah yang rojih). namun jika kita
menggunkan qoul laqot dan inilah yang kuat maka apa
yang dilakukannya adalah benar(sah) dan darah nifas dihitung pada saat
ada darah saja jika bersih maka dianggap suci. hal yang sama pada darah
haid.

    س؟

    مرأة نفساء طهرت قبل الاربعين بأيام فصامت بنية قضاء رمضان لأنها ولدت

    برمضان ولكن بعد الاربعين بيومين رجع الدم ثم طهرت بعد الاربعين ؟ السؤال

    ما حكم صيامهاهل تعيد ام لا ؟ الحمد لله الجواب : في مذهب الشافعي قولان له

    رحمه الله الأولقول السحب وهو الراجح في المذهب والثاني قول اللقط فإذا

    قلنا

    بالأول وهو السحب فصيامها غير صحيح ولها أجر الامتثال عموما , وإذا قلنا

    بالثاني وهو قول قوي يقابل الأظهر وهو قول اللقط فصيامها صحيح ونفاسها أيام

    الدم فقط, هذا إذا لم يكن أيام النقاء في الأربعين خمسة عشر يوما فإن كانت

    خمسة عشر فصيامها صحيح والدم العائد بعد الأربعين بيومين حيض والله أعلم


    fatwa tarimiyah

    Kesimpulan dari pertanyaan berdasarkan qoul suhbi karena ini yang dipilih

    1.salatnya tidak sah namun ia mendapat pahla perbuatannya(namun bukan berarti solat, ini jika ia tidak tau atau tau cuma ia kira sudah suci eh ternyata keluar lagi)
    2. suami tidak boleh menjimai.

    احدها القطع بالتلفيق والثاني القطع بالسحب وهو المشهور من نصوصه والثالث في المسألة قولان وهو المشهور في المذهب
    *

    وبالتلفيق قال مالك واحمد وبالسحب أبو حنيفة وقد سبق دليل القولين فالحاصل

    ان الراجح عندنا قول السحب قال اصحابنا وسواء كان التقطع يوما وليلة دما

    ويوما وليلة نقاء أو يومين ويومين أو خمسة وخمسة أو ستة وستة أو سبعة وسبعة

    ويوما أو يوما وعشرة أو خمسة أو يوما وليلة دما وثلاثة عشر نقاء ويوما

    وليلة دما أو غير ذلك فالحكم في الكل سواء وهو انه إذا لم يجاوز خمسة عشر

    فايام الدم حيض بلا خلاف

    al majmu

    *tambahan

    Utk mengetahui sudah selesai atau belumnya haid / nifas, ternyata tidak sesederhana yg kita kira.
    Jika

    masih ada flek coklat walaupun sedikit, itu blm suci lho, cara yg

    paling mudah : ambil kapas, di usap kan ke farji, jika warna cairan yg keluar sudah seputih kapas, berarti sudah suci.

    Ulangi cara seperti itu setiap masuk waktu sholat.
    Karena akan berkaitan dgn qodlo sholatnya.

    *silahkan di koreksi

: 'Ibaroh yang dari Jenengan itu kan Bila ternyata masih

    Keluar lagi Darah Nifasnya sedangkan dalam Kasus dia sudah Tuntas.

fatwa trimiyah ustad,,,yang almajmu hanya pentaukidan saja terhadap 2
qoul itu. namun yang keduanya terdapat dalam mazhab syafii, nda usah
pusing. ulama kontemporer lebih banyak menggunakan qoul laqot..demikian
juga terdapa tanggapan ulama terhadap kebolehan atau wajib jika sudah
 bersih dibawah waktu darah. baik haid maupun nifas......

    Fatwa yang mewajibkan melakukan frdhu dan boleh jimak setelah nifas berhenti dibawah waktunya,,ibn hajar al hatsami:

    وقد

    سئل العلامة ابن حجر الهيتمي رحمه الله عن امرأة كان من عادتها أنها إذا

    ولدت تقعد أربعين يوما لم يأتها الطهر, فلما أن ولدت الولد الثاني

    لم تنظر بعد ثلاثة أيام شيئا من عادتها التي كانت عليها وهي الأربعين، فهل

    تغتسل وتصلي إذا لم تر الدم, وإذا انقطع عنها أياما ثم عاد إليها فما

    الحكم فيما صلته, هل تقضيه أم لا؟
    ( فأجاب ) رضي الله عنه:
    بأنه

    حيث انقطع دم الحائض أو النفساء - بأن كانت بحيث لو أدخلت القطنة إلى

    فرجها خرجت بيضاء نقية - وجب عليها أن تغتسل وتصلي، وجاز للزوج أن يطأها،

    سواء انقطع دمها قبل عادتها أم لا.
    فإذا

    عاد قبل الخمسة عشر يوما من ولادتها أو حيضها تبينا أن أيام الانقطاع حيض

    أو نفاس. وأما إذا عاد في مسألة النفاس بعد الخمسة عشر يوما فهو حيض، وزمن

    الانقطاع طهر فتقضي صلواته إن فاتتها.
    وإن

    عاد في مسألة الحيض بعد الخمسة عشر يوما: فإن كان من حين انقطاعه إلى حين

    عوده خمسة عشر يوما, فهو حيض جديد، ومدة الانقطاع طهر، فتقضي صلواته إن

    تركتها.
    وإن كان دون خمسة عشر يوما فهو دم فساد" انتهى باختصار. "الفتاوى الفقهية الكبرى" (1/79) والله أعلم.


    Fatwa yang mewajibkan melakukan frdhu
    dan boleh jimak setelah nifas berhenti
    dibawah waktunya,,ibn hajar al hatsami:

    =====

    Ini berlaku bagi yang sudah pernah Nifas ya Ustadz dan maaf dibawah Waktu maksudnya gimana ya.?
    Owh emang waktu Nifas itu 40hari ta..?

Bukankah itu hanya Kaprahnya..?
Dan bukankah waktu paling sedikit lahdhotun dan kaprahnya 40hr adapun Max 60hr..?

    ya 40 itu kapra paling banyak 60...Kesimpulannya fatwa ibn hajar al haitsami:

    بأنه

    حيث انقطع دم الحائض أو النفساء - بأن كانت بحيث لو أدخلت القطنة إلى

    فرجها خرجت بيضاء نقية - وجب عليها أن تغتسل وتصلي، وجاز للزوج أن يطأها،

    سواء انقطع دمها قبل عادتها أم لا.
    فإذا

    عاد قبل الخمسة عشر يوما من ولادتها أو حيضها تبينا أن أيام الانقطاع حيض

    أو نفاس. وأما إذا عاد في مسألة النفاس بعد الخمسة عشر يوما فهو حيض، وزمن

    الانقطاع طهر فتقضي صلواته إن فاتتها.
    وإن

    عاد في مسألة الحيض بعد الخمسة عشر يوما: فإن كان من حين انقطاعه إلى حين

    عوده خمسة عشر يوما, فهو حيض جديد، ومدة الانقطاع طهر، فتقضي صلواته إن

    تركتها.
    وإن كان دون خمسة عشر يوما فهو دم فساد" انتهى باختصار. "الفتاوى الفقهية الكبرى" (1/79) والله أعلم.

    =========================

    jika

    wanita telah berhenti darah haid atau nifas-dimana sekira kalau ditaro

    kapas, kapas itu tidak ada darah- maka wajib baginya mandi dan solat

    serta boleh bagi suami menyetubuhinya. hal ini berlaku untuk darah yang

    berhenti sebelum adatnya atau tidak.

    jika

    darahnya kembali kurang dari 15 hari terhitung semenjak lahir maka

    jelas hari yang bersih itu dianggap nifas. hal ini berlaku untuk darah

    haid.

    Namun

    jika darah yang kembali itu lebih dari 15 hari semenjak hari

    kelahirannya maka darah yang keluar itu adalah haid, dan zaman

    terputusnya(bersih) dianggap suci, kalau ia didalam waktu suci itu tidak

    salat maka wajib qodho.

    untuk masalah haid, jika darah itu kembali setelah 15 hari, maka diliat;

    1.

    jika saat berhentinya darah sampai waktu kembalinya ada 15 hari, maka

    darah yang kembali itu adalah haid yang baru. dengan demikian masa

    dimana darah berhenti itu dianggap suci. dengan demikian jika ia

    meninggalkan solat didalamnya maka wajib qodho.

    contoh:

    wanita haid setelah tiga hari berhenti darahnya terus sampai melebihi

    15 hari. 15 hari ini dihitung daru mulai darah berhenti yang tiga hari

    tadi. setelah itu datang lagi darah, maka darah itu dianggap haid baru.

    2.

    jika darah haid yang kembali itu kurang dari 15 hari semenjak darah itu

    berhenti maka darah yang keluar itu adalah darah penyakit.

    namun

    hal ini diperhitungkan hafalnya si wanita akan darah yang keluar.

    biasanya ini bagi wanita yang sudah terbiasa..maka gunakanlah ciri-ciri

    darah itu.
Previous
Next Post »