PERTANYAAN :
Assalaamu' alaykum,,g mn hkm bg seorang gadis memakai pacar kuku (kembang) ato pitek/ cat kuku, krn ustad daerah sy mghukumi haram bg gadis perawan,mhn ibarohx!
JAWABAN :
Hukum mengenakan pacar kuku bagi wanita ada tiga pendapat:
- Boleh, selain dengan pacar kuku warna hitam.
- Boleh bagi wanita bersuami atau hamba sahaya memakai pacar kuku warna hitam, bila telah mendapat izin.
- Mutlak sunah menurut al-Baghawi bagi wanita bersuami memakai pacar dengan cara apapun.
Sedangkan hukum mengenakan pacar kuku bagi laki-laki ada tiga pendapat:
- Haram menurut syafi’iyah , memandang illat tasabbuyh dengan pewarna kuku yang termasuk aksesoris wanita.
- Makruh menurut sebagian hanabilah dan hanafiah.
- Boleh menurut Ibnu Qudamah.
Poin pembahasan nya terletak pada kajian ‘tathrif’, meskipun yang lebih dominan diulas dalam referensi klasik adalah ‘khidhab’, di mana khidhab di situ dimaksudka n lebih general sebagai pewarnaan tangan dan kaki, mulai dari ujung sampai pergelanga n tangan/ kaki, baik kuku maupun kulitnya. Pembahasan khidhab cukup berbeda dengan tathrif dan hanya sedikit bersinggun gan terutama ketika dikaitkan dengan khidab pada laki-laki. Hemat saya, sekedar untuk memudahkan , khidab adalah pewarna kulit, dan tathrif adalah pewarna kuku. Wallahu subhanahu wata’ala a’lam.
R e f e r e n s i
الاِخْتِضَ ابُ لُغَةً : اسْتِعْمَا ل الْخِضَابِ . وَالْخِضَا بُ هُوَ مَا يُغَيَّرُ بِهِ لَوْنُ الشَّيْءِ مِنْ حِنَّاءَ وَكَتَمٍ وَنَحْوِهِ مَا. وَلاَ يَخْرُجُ الْمَعْنَى الاِصْطِلا َحِيُّ عَنِ الْمَعْنَى اللُّغَوِي ِّ
التَّطْرِي فُ لُغَةً : خَضْبُ أَطْرَافِ الأْصَابِع ِ ، يُقَال : طَرَفَتِ الْجَارِيَ ةُ بَنَانَهَا إِذَا خَضَّبَتْ أَطْرَافَ أَصَابِعِه َا بِالْحِنَّ اءِ ، وَهِيَ مُطَرِّفَة ٌ
الكتاب : الموسوعة الفقهية الكويتية ج2 ص278-277
“Ikhtidhab secara bahasa adalah: pemakaian khidhab, sedang khidhab yaitu sesuatu yang bisa merubah warna suatu obyek entah dengan hina’, katam, atau sejenisnya . Makna istilahnya tidak berbeda dengan makna bahasa.
Tathrif secara bahasa adalah: pewarnaan pacar pada ujung jari, diucapkan [gadis itu memacari jemarinya, ketika memacari ujung jarinya dengan hina’].
وعبارة الكردي: قوله: ويحرم الحناء للرجل.
خرج به المرأة، ففيها تفصيل، فإن كان لاحرام استحب لها سواء كانت مزوجة.
أو غير مزوجة، شابة أو عجوزا وإذا اختضبت عمت اليدين بالخضاب.
وأما المحدة: فيحرم عليها، والخنثى كالرجل.
ويسن لغير المحرمة إن كانت حليلة وإلا كره.
ولا يسن لها نقش وتسويد وتطريف وتحمير وجنة، بل يحرم واحد من هذه على خلية ومن لم يأذن لها حليلها.
الكتاب : حاشية إعانة الطالبين ج2 ص387
“Al-Kurdi berkata: pewarna pacar haram bagi laki-laki. Dikecualik an bagi wanita maka ada pemilahan, jika hendak ihram maka disunahkan baginya baik sudah bersuami maupun belum, muda maupun tua, di mana ketika memakai pacar diwarnai menyeluruh pada kedua tangannya. Sedangkan wanita yang sedang iddah maka haram, serta pada banci maka sebagaiman a haramnya laki-laki.
Bagi selain wanita berihram, disunahkan memakai pacar bagi wanita bersuami, bila belum bersuami maka makruh.
Tidak disunahkan bagi wanita mengecat kuku, mewarnai hitam, memacar kuku, serta memerahi pipi, bahkan haram hal tersebut untuk wanita yang belum bersuami maupun wanita yang tidak mendapat ijin suami atau tuannya.”
ويحرم أيضا تجعيد شعرها ونشر أسنانها وهو تحديدها وترقيقها والخضاب بالسواد وتحمير الوجنة بالحناء ونحوه وتطريف الأصابع مع السواد
الكتاب : حاشية الجمل ج2 ص430
“Diharamka n juga mengeritin g rambut wanita, merenggang kan giginya yakni dengan mempertaja m dan menipiskan nya, mewarnai dengan pacar hitam, memerahi pipi dengan hina’ dan sejenisnya , serta memacari jari-jari besertaan warna pacarnya hitam.”
( قَوْلُهُ : وَتَطْرِيف ُ ) قَالَ ابْنُ الرِّفْعَة ِ وَالْمُرَا دُ بِالتَّطْر ِيفِ الْمُحَرَّ مِ تَطْرِيفُ الْأَصَابِ عِ بِالْحِنَّ اءِ مَعَ السَّوَادِ أَمَّا بِالْحِنَّ اءِ وَحْدَهُ فَلَا شَكَّ فِي جَوَازِهِ شَرْحُ الْعُبَابِ وَكَذَا يَنْبَغِي أَنْ يُقَالَ فِي النَّقْشِ سم
الكتاب : تحفة المحتاج ج14 ص484
“Wa tathrif: Ibnu Rif’ah dalam Syarh ‘Ubab berkata bahwa yang dimaksud tathrif yang diharamkan adalah mewarnai kuku dengan pacar besertaan warnanya hitam, sedangkan hukum pacar semata (tanpa tambahan hitam) maka tidak diragukan lagi kebolehann ya. Ibnu Qasim al-’Ubadi menambahka n, begitu juga ketentuan warna hitam ini berlaku dalam hukum pengecatan kuku.”
ويحرم تَجْعِيدُه ُ أَيْ الشَّعْرِ وَوَشْرُ الْأَسْنَا نِ أَيْ تَحْدِيدُه َا وَتَرْقِيق ُهَا لِلتَّغْرِ يرِ وَلِلتَّعَ رُّضِ لِلتُّهْمَ ةِ فِيهِمَا وَلِلْخَبَ رِ السَّابِقِ في الثَّانِي وَالْخِضَا بُ بِالسَّوَا دِ لِخَبَرِ يَكُونُ قَوْمٌ يَخْضِبُون َ في آخَرِ الزَّمَانِ بِالسَّوَا دِ كَحَوَاصِل ِ الْحَمَامِ لَا يَرِيحُونَ رَائِحَةَ الْجَنَّةِ رَوَاهُ أبو دَاوُد وَغَيْرُهُ وَتَحْمِير ُ الْوَجْنَة ِ بِالْحِنَّ اءِ أو نَحْوِهِ وَتَطْرِيف ُ الْأَصَابِ عِ بِهِ مع السَّوَادِ لِلتَّعَرّ ُضِ لِلتُّهْمَ ةِ إلَّا بِإِذْنِ زَوْجٍ أو سَيِّدٍ لها في جَمِيعِ ما ذُكِرَ بَعْدَ قَوْلِهِ حَرَامٌ فَيَجُوزُ لها ذلك لِأَنَّ له غَرَضًا في تَزَيُّنِه َا له وقد أَذِنَ لها فيه وَخَالَفَ في التَّحْقِي قِ في الْوَصْلِ وَالْوَشْر ِ فَأَلْحَقَ هُمَا بِالْوَشْم ِ في الْمَنْعِ مُطْلَقًا
الكتاب : أسنى المطالب ج1 ص173
“Diharamka n mengeritin g rambut dan merenggang kan giginya yakni dengan mempertaja m dan menipiskan nya karena rentan manipulasi dan berpraduga negatif pada dirinya dalam dua perkara tadi, haramnya pacar warna hitam juga dikarenaka n hadits [akan ada kaum di akhir jaman yang mewarnai dengan pacar hitam sebagaiman a hitamnya tembolok burung dara, mereka tidak bisa mencium bau surga, HR. Abu Dawud dan lainnya].
[Diharamka n juga] memerahi pipi dengan hina’ atau sejenisnya serta memacari jari-jari besertaan warna pacarnya hitam, sebab menimbulka n pandangan negatif masyarakat , kecuali atas ijin suami atau tuannya maka boleh semua hal yang diharamkan tadi. Hal itu karena suami berhak atas pelayanan bersolek dari istrinya sedangkan dia telah mengijinka n. Namun an-Nawawi dalam kitab Tahqiq tidak sepakat mengenai hukum menyambung rambut dan merenggang kan gigi, ia menyamakan nya dengan hukum tato yakni mutlak haram.”
وكذا يُسْتَحَبّ ُ خَضْبُ كَفَى الْمَرْأَة ِ الْمُزَوَّ جَةِ وَالْمَمْل ُوكَةِ وَقَدَمَيْ هَا بِذَلِكَ لِأَنَّهُ زِينَةٌ وَهِيَ مَطْلُوبَة ٌ منها لِزَوْجِهَ ا أو سَيِّدِهَا تَعْمِيمًا لَا تَطْرِيقًا وَلَا نَقْشًا
الكتاب : أسنى المطالب ج1 ص173
“Begitu juga disunahkan memacari kedua telapak tangan dan kaki wanita bersuami atau hamba sahaya karena itu adalah aksesoris baginya. Hal itu ditujukan untuk suami atau tuannya dengan cara meratakan pemakaian pacar bukan dengan cara memacari atau mengecat ujung jarinya semata.”
واما الخضاب بالحناء فمستحب للمرأة المزوجة في يديها ورجليها تعميما لا تطريفا ويكره لغيرها وقد اطلق البغوي وآخرون استحباب الخضاب للمرأة ومرادهم المزوجة
الكتاب : المجموع شرح المهذب ج3 ص140
“Mewarnai dengan pacar disunahkan bagi wanita bersuami pada kedua tangan dan kakinya, dengan cara diratakan bukan sebatas ujung jari, serta makruh bagi selain wanita bersuami. Namun al-Baghawi dan lainnya memutlakka n hukum sunah memakai pacar bagi wanita, yakni wanita yang telah bersuami.”
نَصَّ الشَّافِعِ يَّةُ عَلَى أَنَّهُ يَحْرُمُ نَقْشُ يَدِ الْمَرْأَة ِ الْمُحْرِم َةِ بِالْحِنَّ اءِ ، وَكَذَا تَطْرِيفُ الأْصَابِع ِ وَتَسْوِيد ُهَا لِمَا فِيهِ مِنَ الزِّينَةِ وَإِزَالَة ِ الشَّعَثِ الْمَأْمُو رِ بِهِ فِي الإْحْرَام ِ
الكتاب : الموسوعة الفقهية ج41 ص149
“Asy-Syafi ’i menegaskan haramnya mengecat tangan wanita yang berihram dengan hina’, begitu juga memacari kuku dan menghitamk annya, sebab memandang hal itu merupakan aksesoris serta menjadikan hilangnya penampilan kusut yang diperintah kan dalam ihram.”
قوله ( بشيء منه ) أي من المذكور وهو الحناء
وقوله فتستر لون البشرة وإذا فعلت ذلك لا يجوز النظر ليديها مخضوبتين والحرمة باقية وإنما أفاد الخضب نوع ستر في الجملة سم
قوله ( وخرج بالمرأة لرجل ) شامل للأمرد الجميل
قوله ( بل يحرم ) أي لغير عذركما نص عليه الإمام الشافعي ومحل الحرمة في البدن فلا ينافي سن خضب لحيته بالحناء وكذا بالسواد في الجهاد ليظهر للكفار شبابه وقوته
الكتاب : حاشية البجيرمي على شرح منهج ج2 ص117
“[Dengan sesuatu darinya] yakni dari hina’ yang telah disebutkan
[Menutupi warna kulit] ketika hal itu sudah dilakukan tetap tidak boleh melihat kedua tangan wanita yang diberi pacar itu, hukum haramnya tetap, fungsi khidhab sebagai penutup kulit hanya memandang secara global saja.
[Dikecuali kan dari wanita yaitu pada lelaki] termasuk di dalamnya pemuda berwajah manis.
[Bahkan haram] yakni tanpa adanya udzur sebagaiman a yang ditegaskan oleh asy-Syafi’ i, letak keharamann ya di badan, sehingga tidak menegasika n sunahnya khidhab jenggot dengan pewarna hina’, begitu juga dengan pewarna hitam dalam medan perang untuk mendemonst rasikan fisik belia dan kekuatanny a pada kaum kafir.”
اتَّفَقَ الْفُقَهَا ءُ عَلَى أَنَّهُ يُسْتَحَبّ ُ لِلرَّجُل أَنْ يَخْتَضِبَ فِي رَأْسِهِ وَلِحْيَتِ هِ لِتَغْيِير ِ الشَّيْبِ بِالْحِنَّ اءِ وَنَحْوِهِ لِلأْحَادِ يثِ الْوَارِدَ ةِ فِي ذَلِكَ ، وَجَوَّزُو ا لَهُ أَنْ يَخْتَضِبَ فِي جَمِيعِ أَجْزَاءِ بَدَنِهِ مَا عَدَا الْكَفَّيْ نِ وَالْقَدَم َيْنِ ، فَلاَ يَجُوزُ لَهُ أَنْ يَخْتَضِبَ فِيهِمَا إِلاَّ لِعُذْرٍ ؛ لأِنَّ فِي اخْتِضَابِ هِ فِيهِمَا تَشَبُّهًا بِالنِّسَا ءِ، وَالتَّشَب ُّهُ بِالنِّسَا ءِ مَحْظُورٌ شَرْعًا
وَقَال أَكْثَرُ الشَّافِعِ يَّةِ وَبَعْضُ الْحَنَابِ لَةِ بِحُرْمَتِ هِ . وَقَال بَعْضُ الْحَنَابِ لَةِ وَصَاحِبُ الْمُحِيطِ مِنَ الْحَنَفِي َّةِ بِكَرَاهَت ِهِ وَقَدْ قَال رَسُول اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - لَعَنَ اللَّهُ الْمُتَشَب ِّهَاتِ مِنَ النِّسَاءِ بِالرِّجَا ل وَالْمُتَش َبِّهِينَ مِنَ الرِّجَال بِالنِّسَا ءِ . وَحُكْمُ الْخُنْثَى الْمُشْكِل كَحُكْمِ الرَّجُل فِي هَذَا
الكتاب : الموسوعة الفقهية ج2 ص284
“Para fuqaha sepakat disunahkan nya bagi lelaki untuk mewarnai pacar pada rambut kepala dan jenggotnya untuk merubah warna uban sesuai dengan keterangan beberapa hadits, mereka juga memperbole hkan mewarnai pacar pada seluruh bagian anggota tubuhnya selain kedua telapak tangan dan kakinya, maka pada dua anggota tadi tidak diperboleh kan kecuali dengan adanya udzur, sebab memandang pewarnaan pacar pada keduanya menyerupai keadaan wanita, di mana hukum menyerupai wanita adalah haram.
Kebanyakan ulama syafi’iah dan sebagian hanabilah berpendapa t tentang keharamann ya. Sebagian yang lain dari hanabilah serta pengarang kitab Muhith dari hanafiah berpendapa t makruh. Rasulullah bersabda: Allah melaknat golongan wanita yang menyerupai lelaki dan golongan lelaki yang menyerupai wanita. Status hukum khuntsa musykil sebagaiman a lelaki dalam masalah ini.”
وَسُئِلَ رَحِمَهُ اللَّهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى ما حُكْمُ حِنَّاءِ يَدَيْ الرَّجُلِ وَرِجْلَيْ هِ فَأَجَابَ نَفَعَنَا اللَّهُ سُبْحَانَه ُ وَتَعَالَى بِعُلُومِه ِ بِقَوْلِهِ حُكْمُ حِنَّاءِ يَدَيْ الرَّجُلِ وَرِجْلَيْ هِ أَنَّهُ لِغَيْرِ ضَرُورَةٍ حَرَامٌ على الْمُعْتَم َدِ عِنْدَ النَّوَوِي ِّ وَغَيْرِهِ لِأَنَّهُ من زِينَةِ النِّسَاءِ
الكتاب : الفتاوى الكبرى الفقهية ج4 ص257
“Ditanyaka n: apa hukum memakai pacar pada kedua tangan dan kaki lelaki?
Dijawab: hukum pemakaian pacar pada kedua tangan dan kaki lelaki, selain dalam kondisi darurat, haram menurut pendapat yang mu’tamad dari an-Nawawi dan ulama lainnya, sebab termasuk aksesoris bagi wanita.”
فأما الخضاب للرجل فذكر الشيخ أنه لا بأس به فيما لا تشبه فيه بالنساء; لأن الأصل الإباحة, ولا دليل للمنع, وأطلق في المستوعب: له الخضاب بالحناء, وقال في مكان آخر: كرهه أحمد "قال أحمد": لأنه من الزينة.
الكتاب : كتاب الفروع ج5 ص532
“Adapun mengenai memakai pacar pada lelaki, Ibnu Qudamah berpendapa t hal itu tidak masalah pada perkara yang tidak dianggap menyerupai wanita, sebab hukum asal adalah boleh, serta tidak ada dalil yang melarangny a. Di dalam kitab al-Mustau’ ab ia memutlakka nnya bahwa boleh bagi lelaki memakai pewarna pacar, di tempat lainnya ia berkomenta r bila Ahmad Ibn Hanbal memakruhka nnya, Imam Ahmad berkata: sebab hal itu termasuk aksesoris wanita.”
EmoticonEmoticon