Ibadah Nabi Muhammad saw. Sebelum Menjadi Rasul



Rasulullah adalah suri tauladan.


Hasil Bahts Masail LBM NU Surabaya 2007-
DESKRIPSI MASALAH
Di masa pra Islam, orang-orang jahiliyah menganut sebuah agama yang diwariskan oleh nenek moyang mereka, sementara Nabi Muhammad e sebelum diangkat menjadi Rasul, beliau menganut agama yang dibawa oleh Nabi Ibrahim u (ملة إبراهيم).
Pertanyaan:
a. Apa bentuk kongkrit dari agama Nabi Ibrahim (ملة إبراهيم) yang dijalani Nabi Muhammad e sebelum diangkat menjadi Rasul?
b. Apa bentukملة إبراهيم yang dilakukan Nabi Muhammad e selama beberapa hari di gua Hira’ sebelum menerima wahyu pertama?
Jawaban 1 a:
Banyak pendapat tentang bentuk kongkrit agama Nabi Ibrahim (ملة إبراهيم) yang dijalani Nabi Muhammad e sebelum diangkat menjadi Rasul. Menurut qaul yang shahih adalah : memuat hal-hal yang berhubungan dengan aqidah bukan furu'. Sedangkan menurut qaul yang dhahir adalah : memuat seluruh Syari'ah Nabi Ibrahim kecuali syari'at yang diperintahkan untuk ditinggalkan.
تفسير القرطبى أبو عبد الله محمد بن أحمد بن أبى بكر بن فرح الأنصارى الخزرجى ج 10 ص 198 مكتبة الشاملة
قوله تعالى: ثم أزحينا إليك أن اتبع ملة إبراهيم حنيفا وما كان من المشركين. قال ابن عمر: أمر باتباعه فى مناسك الحج كما علم إبراهيم جبريل عليهما السلام. وقال الطبرانى: أمر باتباعه فى التبرؤ من الأوثان والتدين بالإسلام. وقيل أمر باتباعه فى جميع ملته إلا ما أمر بتركه. قاله بعض أصحاب الشافعى على ما حكاه الماوردى. والصحيح الإتباع فى عقائد الشرع دون الفروع.
“Allah SWt berfirman “Kemudian Kami wahyukan kepadamu (yaitu) ikutilah Millah Ibrahim yang Chanif dan dia tidak tergolong orang-orang yang musyrik”. Abdullah bin Umar berkata “Allah memerintahkan kepada Nabi Muhammad untuk mengikuti Nabi Ibrahim dalam hal manasik haji, sebagaimana Nabi Ibrahim telah diajarkan oleh Jibril AS”. Imam Thabari juga berkata “Nabi Muhammad juga diperintah untuk mengikuti Nabi Ibrahim dalam hal tidak terlibat menyembah berhala dan menghiasi diri dengan Islam”. Dikatakan pula bahwa Nabi Muhammad diperintah untuk mengikuti semua bentuk ajaran (millah) Nabi Ibrahim, kecuali ajaran-ajaran yang diperintahkan untuk ditinggalkan. Pendapat ini disampaikan oleh sebagian pengikut Syafi’i yang mengutip dari Al-Mawardi. Pendapat yang sahih adalah mengikuti hal-hal yang berhubungan dengan aqidah, bukan furu’ (hukum fikih)”.
فتح القدير لمحمد بن على بن محمد بن عبد الله الشوكنى اليمنى ج 3 ص 275 مكتبة الشاملة
(ثم أوحينا إليك) يا محمد مع علو درجتك وسمو منـزلتك وكونك سيد ولد آدم (أن اتبع ملة إبراهيم) وأصل الملة اسم لما شرعه الله لعباده على لسان نبى من أنبيآئه. وقيل: والمراد هنا اتباع النبى e لملة إبراهيم فى التوحيد والدعوة إليه. وقال ابن جرير: فى التبرى من الأوثان والتدين بدين الإسلام. وقيل: فى مناسك الحج. وقيل: فى الأصول دون الفروع. وقيل فى جميع شريعته إلا ما نسخ منها وهذا هو الظاهر وقد أمر النبى e بالإقتداء بالأنبياء مع كونه سيدهم.
“(Allah SWt berfirman “Kemudian Kami wahyukan kepadamu) wahai Muhammad, disertai keagungan derajat dan kedudukanmu serta keberadaanmu sebagai pemuka anak Adam (yaitu ikutilah Millah Ibrahim). Millah adalah sebuah ajaran yang disyari’atkan oleh Allah kepada hamba-hamba-Nya melalui para nabi-nabi Allah. Ada yang berkata bahwa, yang dimaksud (millah) adalah, Nabi Muhammad SAW mengikuti ajaran Nabi Ibrahim dalam meng-Esa-kan Allah SWT (tauchid) dan berda’wah ke arah tauchid. Ibnu Jarir berkata “Mengikuti (adalah) dalam hal tidak terlibat menyembah berhala dan menghiasi diri dengan Islam”. Suatu pendapat mengatakan “dalam hal manasik haji”. Adapula yang berkata “Dalam hal aqidah selain furu’”. Ada yang berkata “Dalam semua syari’at, kecuali syari’at yang telah dihapus”. Dan pendapat yang terakhir inilah yang sangat jelas. Nabi Muhammad benar-benar diperintah untuk mengikuti para nabi, sementara beliau adalah pemuka para Nabi”.
فتح البارى ج 9 ص 733
وجاء عن بعض المشايخ أنه كان يعبد بالتفكر. ويحتمل أن تكون عائشة أطلقت على الخلوة بمجردها تعبدا. فإن الإنعزال عن الناس ولا سيما من كان على باطل من جملة العبادة كما وقع للخليل عليه السلام حيث قال (إنى ذاهب إلى ربى) وهذا يلتفت إلى مسألة أصولية وهو أنه e هل كان قبل أن يوحى إليه متعبدا بشريعة نبى قبله؟ قال الجمهور: لا فإنه لو كان تابعا لاستبعد أن يكون متبوعا ولأنه لو كان لنقل من كان ينسب إليه. وقيل نعم واختاره ابن الحاجب واختلفوا فى تعيينه على ثمانية أقوال: أحدها آدم حكاه ابن برهان. الثانى نوح حكاه الآمدى. الثالث إبراهيم ذهب إليه جماعة واستدلوا بقوله تعالى (أن اتبع ملة إبراهيم). الرابع موسى. الخامس عيسى. السادس بكل شىء بلغه عن شرع نبى من الأنبياء وحجته (أولئك الذين هدى الله فبهداهم اقتده). السابع الوقف واختاره الآمدى ولا يخفى قوة الثالث ولا سيما مع ما نقل من ملازمته للحج والطواف ونحو ذلك مما بقى عندهم من شريعة إبراهيم والله أعلم. وهذا كله قبل النبوة وأما بعد النبوة فقد تقدم القول فيه فى تفسير سورة الأنعام.
“Diriwayatkan dari sebagian para Syaikh bahwa, Rasulullah beribadah dengan cara bertafakkur. Dan bisa jadi, apa yang disebutkan ‘Aisyah mengenai bentuk pengasingannya saja (dalam Gua Hira) dikategorikan sebagai ibadah, sebab mengasingkan diri dari manusia terutama dari yang berbuat bathil merupakan bagian dari ibadah sebagaimana yang tejadi pada Nabi Ibrahim AS yang berkata “Aku akan pergi kepada Tuhan-ku”.
“Hadits di atas terkait dengan masalah aqidah, yaitu apakah sebelum menerima wahyu Rasulullah SAW beribadah dengan syari’at Nabi sebelumnya?. Mayoritas ulama menyatakan “Tidak”, sebab jika Rasulullah menjadi pengikut, pasti tidak akan diikuti. Dan kalaupun ada nabi yang diikuti oleh Rasullah, pasti kita tahu secara kongkrit siapa Nabi tersebut. (Sebagian ulama)menyatakan “Iya”. Pendapat ini dipilih oleh Imam Hajib (namun) para ulama berbeda pendapat dalam penentuan tentang Nabi tersebut, dalam 8 pendapat:
1. Menurut pendapat Ibnu Burhan adalah Nabi Adam AS.
2. Menurut pendapat ‘Amidi adalah Nabi Nuh AS.
3. Nabi Ibrahim AS, pendapat ini dipilih oleh segolongan ulama yang diperkuat dengan ayat “Ikutilah Millah Ibrahim”
4. Nabi Musa AS.
5. Nabi Isa AS.
6. Setiap syari’at nabi terdahulu yang sampai kepada Rasulullah. Alasan mereka adalah surat al-An’am ayat 90 “Mereka itulah yang mendapat petunjuk dari Allah, maka dengan petunjuk mereka ikutilah olehmu”.
7. Mennghentikan pembahasan tersebut. Pendapat ini dipilih oleh ‘Amidi. (Dari uraian di atas) dapat diketahui bahwa, pendapat yang kuat adalah pendapat ketiga yang diperkuat oleh perilaku Rasul ketika melakukan haji, thawaf dan sebagainya, yang merupakan bagian dari syari’at Nabi Ibrahim”.
“Semua penjelasan ini terkait sebelum kenabian. Adapun setelah kenabian, maka sudah diterangkan dalam Surat al-An’am”.
Jawaban 1 b:
Tidak ada hadits shahih yang menjelaskan tentang bentuk ritual yang dilakukan Nabi Muhammad e selama beberapa hari di gua Hira’, akan tetapi ada sebagian 'Ulama yang menyatakan berupa tafakkur, uzlah dan bersungguh-sungguh mengabdi kepada Allah (الإنقطاع إلى الله).
الدين وتاريخ الحرمين الشريفين للشيخ الحاج عباس كرارة ص 185
ولم تثبت الأحاديث الصحيحة بكيفية تعبده e والذى تثبت إنه e (كان يختلى غار حراء من كل سنة شهرا وكان يوافق ذلك شهرا رمضان يعبد الله تعالى بالفكر ويطعم المساكين مما كان يتزود به مدة خلوته اهـ.
“Tidak ada penjelasan kongkrit dari hadits-hadits sahih tentang tata cara ibadah Rasulullah SAW. Penjelasan yang ada bahwa, beliau mengasingkan diri di Gua Hira selama sebulan dalam setiap tahun, yang bertepatan dengan bulan Ramadlan. Rasul beribadah kepada Allah dengan bertafakkur dan memberi makan kepada orang-orang miskin yang diambil dari perbekalan beliau selama dalam pengasingan diri”.
الفتاوى الحديثية ج 1 ص 111
وقال شيخ الإسلام السراج البلقنى فى شرح البخارى: ولم يجىء فى الأحاديث التى وقفنا عليها كيفية تعبده e قبل البعثة لكن روى ابن اسحاق وغيره: أنه e كان يخرج إل حراء فى كل عام شهرا من السنة يتنسك فيه.
“Syaikh al-Islam Sirajuddin al-Bulqini berkata dalam syarh Bukhari “Tidak ada dalam hadits-hadits sahih yang sesuai dengan apa yang kami ketahui, yang menjelaskan tentang tata cara ibadah rasulullah SAW sebelum diangkat menjadi Nabi. Tetapi Ibnu Ischaq dan lainnya meriwayatkan bahwa, Rasulullah SAW pergi ke Gua Hira setiap tahunnya selama satu bulan seraya melaksanakan ibadah di tempat itu”.

Previous
Next Post »